Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Prinsip Jeff Bezos Hadapi 3 Krisis Global

Jeff Bezos mengatakan B20 Summit dilaksanakan di masa yang kompleks dan sulit karena dunia sedang menghadapi krisis konflik, Covid-19, dan Iklim.
Jeff Bezos. /Bloomberg
Jeff Bezos. /Bloomberg

Bisnis.com, BADUNG - CEO Amazon Jeff Bezos menyarankan tiga prinsip miliknya dalam menghadapi krisis dunia yaitu pandemi Covid -19, perubahan iklim, dan konflik geopolitik.

Dalam keynote speech B20 Summit pada Senin (14/11/2022), Jeff Bezos mengatakan B20 summit dilaksanakan di masa yang kompleks dan sulit. Hal ini dikarenakan dunia sedang menghadapi krisis tiga kali lipat, yaitu konflik, Covid-19, dan Iklim.

Dalam menghadapi hal ini, Bezos membagikan tiga prinsip yang dianggap bermanfaat baginya. Pertama, adalah belajar hasil capaian masa lalu.

"Ketika saya lahir, rata-rata orang di dunia hidup 53 tahun. Hari ini, rata-rata orang hidup 73 tahun. Selain itu tingkat kemiskinan dunia pada waktu itu telah turun 75 persen dan melek huruf orang dewasa telah berlipat ganda," ujarnya dalam keynote speech pada B20 Summit BNCC, Senin (14/11).

Dia menilai dari dulu manusia selalu menghadapi tantangan meskipun begitu manusia juga selalu menemukan cara untuk mengatasi tantangan tersebut . Inovasi , pendidikan, kewirausahaan dan kebijakan publik yang lebih baik bertanggung jawab menghadapi tantangan ini dan keberhasilan masa lalu.

"Kedua, untuk menghadapi tantangan saat ini, mengharuskan kita untuk memenuhi kebutuhan mendesak sambil juga meletakkan dasar untuk masa depan jangka panjang yang lebih baik. Di saat bersamaan pemerintah dan bisnis perusahaan mengatasi masalah inflasi yang mendesak," jelasnya.

Dia menjelaskan meskipun adanya tantangan ekonomi ke depan, Pemerintah dan masyarakat tetap harus memperhatikan tantangan abadi yaitu krisis iklim.

Ketiga, untuk tidak terjebak dalam pola pikir baik atau buruk. Banyak pemimpin bisnis dan pemerintah ingin berani dalam mengurangi kerusakan lingkungan tetapi mereka takut, itu akan meningkatkan biaya dan pertumbuhannya.

"Tapi kita sekarang tahu, tindakan cerdas melawan perubahan iklim, tidak hanya menghentikan hal-hal buruk yang terjadi. Ini juga dapat meningkatkan efisiensi sumber daya," tuturnya.

Hal ini juga bisa dilakukan dengan mendorong teknologi baru, mengurangi ketidakpastian, dan menghasilkan peluang Baru. Bezos mengatakan hal ini merupakan pemahaman baru ini.

"Itu mendorong kami untuk membuat janji iklim dan juga tujuan untuk mencapai karbon NetZero pada tahun 2040.10 tahun lebih cepat dibandingkan Paris agreement," tambahnya.

Maka dari itu Amazon mengatakan akan menggunakan energi terbarukan 100 persen pada tahun 2025, mulai dari pengirimannya.

Belum lama ini pun PLN bekerjasama dengan Amazon dalam memasok listrik berbasis energi baru terbarukan dengan total kapasitas 210 megawatt untuk mendukung seluruh kegiatan operasional Amazon Web Services, anak usaha Amazon.com.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper