Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rangkuman Perang Rusia VS Ukraina Hari ke- 257: Ukraina Bersiap Hadapi Serangan Berulang dari Rusia

Ukraina menjadi sasaran serangan rudal skala besar oleh Rusia. Kini Ukraina tengah bersiap-siap menghadapi militer Rusia.
Warga membersihkan puing-puing di sebelah gedung perkantoran yang ditembaki malam sebelumnya di dekat pusat kota Kharkiv saat serangan Rusia ke Ukraina di Kharkiv, Ukraina. REUTERS/Leah Millis
Warga membersihkan puing-puing di sebelah gedung perkantoran yang ditembaki malam sebelumnya di dekat pusat kota Kharkiv saat serangan Rusia ke Ukraina di Kharkiv, Ukraina. REUTERS/Leah Millis

Bisnis.com, JAKARTA – Perang Rusia vs Ukraina  kini telah memasuki hari ke- 257, tak ingin lengah, pasukan Ukraina tengah mempersiapkan diri untuk mempertahankan sejumlah infrastrukturnya. Hal ini dilakukan untuk merespons dugaan pengulangan serangan Rusia terhadap Infrastruktur kritis Ukraina.

Dilansir dari The Guardian pada Senin (7/11/2022) Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky dalam pidatonya mengungkapkan bahwa Ukraina sedang mempersiapkan pasukannya untuk mempertahankan infrastruktur negaranya di tengah dugaan atas pengulangan serangan skala besar Rusia terhadap infrastruktur krisis Ukraina.

"Para penjajah sedang mempersiapkan serangan skala besar lainnya terhadap infrastruktur kritis Ukraina, tetapi Ukraina sedang mempersiapkan tanggapan," kata Zelensky, dikutip dari media lokal Ukraina Glavkom, Senin (7/11/2022).

"Kami juga memahami bahwa negara teroris sedang memusatkan kekuatan dan sarana untuk kemungkinan pengulangan serangan besar-besaran terhadap infrastruktur kami. Termasuk untuk ini, Rusia membutuhkan rudal Iran. Kami sedang bersiap untuk merespons," lanjutnya.

Lebih lanjut Zelensky mengingatkan warganya bahwa pada waktu belakangan ini semakin banyak laporan mengenai tidak adanya satu kapal pun yang mampu membawa rudal jelajah Kalibr mencapai Laut Hitam. 

Kemudian presiden Ukraina itu juga mengatakan bahwa semakin sedikitnya sisa armada Laut Hitam Rusia, maka semakin aman Laut Hitam.

"Dan pasti akan ada suatu hari ketika kami dapat memberikan laporan bahwa kami telah memberi Ukraina perlindungan penuh dari ancaman Rusia,  baik itu di laut maupun di langit. Kami akan mengingatkan, dimana pada pagi hari tanggal 10 Oktober,  Ukraina menjadi sasaran serangan rudal skala besar oleh Rusia," ungkap Zelensky.

Sebelumnya, dalam sebuah wawancara yang dilakukan dengan The New York Times, Direktur Departemen Keamanan Administrasi Negara Kota Kyiv, Roman Tkachuk, mengatakan bahwa jika terjadi pemadaman listrik secara total, akan direncanakan evakuasi total terhadap sekitar 3 juta penduduk di kota Kyiv. 

Sebelumnya, walikota Kyiv Vitaliy Klitschko mengatakan bahwa dia tidak mengenyampingkan skenario pemadaman total di Kyiv  karena kurangnya pasokan listrik.

Kemudian Klitschko meminta penduduk Kyiv untuk menyiapkan persediaan yang diperlukan dan mempertimbangkan kemungkinan pindah sementara ke luar kota.

Ringkasan peristiwa perang Rusia vs Ukraina hari ke- 257:

– Ukraina bersiap hadapi pemadaman listrik 

CEO Yasno, pemasok utama energi  Sergei Kovalenko mengatakan bahwa Ukraina sedang menghadapi defisit 32% dalam proyeksi pasokan listrik pada hari Senin (7/11/2022).

"Ini banyak, dan ini force majeure," katanya.

Sekitar 500 pembangkit listrik sedang dikirim ke Ukraina oleh 17 negara Uni Eropa karena 4,5 juta warga Ukraina dibiarkan hidup tanpa listrik. 

– Mayor Kyiv siapkan skenario darurat untuk relokasi warga

Vitali Klitschko mendesak warga untuk meninggalkan wilayah dan mempertimbangkan segalanya, termasuk risiko akan kehilangan pasokan listrik dan air.

"Jika Anda memiliki keluarga besar atau teman di luar Kyiv, di mana ada pasokan air otonom, oven, pemanas, harap untuk tinggal di sana dalam jangka waktu tertentu."

– Kherson kehilangan pasokan air dan listrik

“Di Kherson dan sejumlah daerah lain di kawasan itu, untuk sementara tidak ada pasokan listrik atau air,” kata pemerintah kota yang didirikan di Rusia.

– Warga Kherson diminta untuk mengungsi

Militer Ukraina mengatakan bahwa warga Kherson didesak untuk meninggalkan wilayahnya atau mengungsi sesegera mungkin setelah mereka menerima pesan peringatan di telepon mereka.

"Rusia menduduki dan mengevakuasi Kherson secara bersamaan, mencoba meyakinkan Ukraina bahwa pasukannya akan pergi padahal sebenarnya mereka sedang menggali," ujar Juru Bicara Pasukan Selatan Ukraina Nataliya Humenyuk.

– Rusia tingkatkan serangan di wilayah Timur Ukraina

Pihak berwenang Ukraina mengatakan bahwa pasukan Rusia meningkatkan serangan mereka di wilayah yang diperebutkan dengan sengit di Ukraina timur, memperburuk kondisi yang sudah sulit bagi penduduk dan tentara Ukraina.

“Serangan Rusia yang sangat sengit di wilayah Donetsk terus berlanjut. Musuh menderita dan mendapat  kerugian serius di sana,” kata Zelensky 

– AS peringatkan Ukraina untuk bernegosiasi dengan Rusia

Pejabat AS dilaporkan telah memperingatkan pemerintah Ukraina secara pribadi bahwa mereka perlu memberi sinyal keterbukaan untuk bernegosiasi dengan Rusia.

– Tenaga eksternal dipulihkan ke pembangkit listrik tenaga nuklir Zaporizhzhia 

Tenaga eksternal dipulihkan ke pembangkit Zaporizhzhya Ukraina, setelah dua hari terputus dari jaringan listrik akibat tembakan Rusia yang merusak saluran tegangan tinggi.

Pembangkit nuklir terbesar di Eropa membutuhkan listrik untuk memelihara sistem pendingin yang vital, tetapi telah beroperasi dengan generator diesel darurat sejak penembakan Rusia yang memutuskan koneksi luarnya. 

Penasihat keamanan nasional AS, Jake Sullivan, mengadakan pembicaraan rahasia dengan pejabat tinggi Rusia dengan harapan dapat mengurangi risiko konflik nuklir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ileny Rizky
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper