Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Wapres Harap BLK Komunitas Jadi Solusi Masalah Ketenagakerjaan

Wapres mendorong agar pembangunan ekosistem dan transformasi BLK Komunitas dapat mengatasi tantangan yang dihadapi di bidang ketenagakerjaan.
Wapres Harap BLK Komunitas Jadi Solusi Masalah Ketenagakerjaan / Setwapres
Wapres Harap BLK Komunitas Jadi Solusi Masalah Ketenagakerjaan / Setwapres

Bisnis.com, JAKARTA – Wakil Presiden (Wapres) RI Ma’ruf Amin mendorong agar pembangunan ekosistem dan transformasi Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas dapat mengatasi tantangan yang dihadapi di bidang ketenagakerjaan.

Apalagi, dia mengatakan bahwa pembangunan sumber daya manusia (SDM) sebagai salah satu program prioritas Pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin, masih menemui tantangan seperti angka pengangguran di Indonesia yang tinggi.

"Pembangunan ekosistem dan transformasi Balai Latihan Kerja di dalam komunitas merupakan salah satu kebijakan yang saya nilai dapat menyasar permasalahan di lapangan," ujarnya secara daring pada acara Peresmian Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas dan Akselerasi Kemandirian BLK Komunitas Tahun 2022, Minggu, (23/10/2022).

Dalam kesempatan tersebut, Wapres menguraikan bahwa BLK tersebut memiliki tiga fokus, yang pertama pada peningkatan kompetensi tenaga kerja informal dengan tingkat pendidikan sekolah menengah ke bawah.

“Ini akan menjawab permasalahan pengangguran kita yang masih didominasi tamatan sekolah menengah,” ujarnya.

Kedua, kata Ma’ruf, kurikulum pendidikan vokasi yang disusun BLK harus dapat menjawab kebutuhan industri saat ini untuk membangun link and match ketenagakerjaan.

“BLK dapat menyegarkan keterampilan pekerja yang sudah tidak relevan dengan kebutuhan industri. Sistem pendidikan vokasi seperti inilah yang dibutuhkan di era disrupsi digital saat ini,”tuturnya.

Terakhir, dia juga mengapresiasi keunikan BLK yang hadir di dalam lembaga pendidikan seperti di Pesantren Lirboyo, Kediri.

Menurutnya, model ini unik karena calon pekerja akan berhadapan langsung dengan pembelajaran melalui inkubator-inkubator bisnis yang dibentuk di komunitas masing-masing.

Di samping itu, Ma’ruf juga meminta seluruh BLK Komunitas di Tanah Air berfungsi efektif sehingga kompetensi, produktivitas, kemandirian, dan daya saing pekerja Indonesia makin tinggi, serta sesuai dengan kebutuhan pasar dan industri.

Selain itu, dia menambahkan bahwa BLK diharapkan dapat membantu para peserta didik untuk memahami dan memiliki keahlian apa saja yang dibutuhkan dunia kerja saat ini dan masa depan.

Untuk dapat bertahan di masa depan, Wapres juga menekankan pentingnya meningkatkan penguasaan dan keterampilan di berbagai bidang termasuk penguasaan teknologi informasi dan kemampuan berbahasa asing agar dapat berkompetensi hingga dapat menjadi pemenang dalam persaingan SDM baik di Indonesia maupun global.

“Saya kira, selain penguasaan teknologi informasi, bahasa Inggris, kewirausahaan, ajarkan juga soft skills seperti kepemimpinan, adaptasi, komunikasi, dan pemecahan masalah,” urainya.

Terakhir, Wapres berpesan agar SDM Indonesia tidak berhenti belajar agar dapat mengikuti perkembangan di bidang pendidikan dan keterampilan seiring dengan perubahan masa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper