Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Perang Rusia Vs Ukraina, Komandan Pasukan Rusia Akui Situasi Tegang

Komandan baru pasukan Rusia di Ukraina Jenderal Sergei Surovikin mengakui pasukannya dalam situasi tegang karena mendapat serangan dari Ukraina.
Beberapa kendaraan terbakar setelah Rusia meluncurkan rudal ke Ibu Kota Kyiv, Ukraina pada Senin (10/10/2022). Serangan ini meningkatkan esklasi perang Rusia vs Ukraina/The Moscow Times
Beberapa kendaraan terbakar setelah Rusia meluncurkan rudal ke Ibu Kota Kyiv, Ukraina pada Senin (10/10/2022). Serangan ini meningkatkan esklasi perang Rusia vs Ukraina/The Moscow Times

Bisnis.com, JAKARTA - Komandan baru pasukan Rusia di Ukraina Jenderal Sergei Surovikin mengakui pasukannya dalam situasi tegang karena mendapat serangan dari Ukraina yang berupaya merebut kembali wilayah selatan dan timur yang diklaim Moskow telah dicaplok dalam beberapa minggu lalu.

Kepala wilayah strategis Kherson selatan yang dilantik Kremlin pada Selasa (18/10/2022), Oktober) mengumumkan pemindahan bertahap dan terorganisir warga sipil dari empat kota di Sungai Dnipro.

"Situasi di area 'operasi militer khusus' dapat digambarkan sebagai tegang,” ujar Sergei Surovikin, jenderal angkatan udara Rusia yang sekarang memimpin pasukan invasi Rusia kepada saluran berita Rossiya 24.

Surovikin mengatakan: "Situasi di daerah ini sulit. Musuh dengan sengaja menyerang infrastruktur dan bangunan tempat tinggal di Kherson."

Pasukan Rusia di Kherson telah mundur sejauh 20 km hingga 30 km dalam beberapa minggu terakhir dan berisiko terjepit di tepi barat sungai Dnipro sepanjang 2.200 km yang membelah Ukraina.

Vladimir Rogov, seorang anggota dewan yang didirikan Rusia yang mengatur Zaporizhzhia, juga di selatan Ukraina, mengatakan pasukan Kyiv telah mengintensifkan penembakan semalaman terhadap Enerhodar yang dikuasai Rusia - kota tempat banyak karyawan pembangkit listrik tenaga nuklir Zaporizhzhia tinggal.

Tembakan artileri telah menghantam pinggiran kota dan ada 10 serangan di sekitar pembangkit listrik termal lokal, katanya di aplikasi pesan Telegram pada Rabu (18/10/2022) dilansir Channel News Asia.

Baik Ukraina dan Rusia membantah menargetkan warga sipil, meskipun Kyiv menuduh pasukan Moskow melakukan kejahatan perang.

Presiden Rusia Vladimir Putin memerintahkan operasi militer khusus pada 24 Februari 2022, karena ingin memastikan keamanan Rusia dan melindungi penutur bahasa Rusia di Ukraina.

Sementara, Ukraina dan sekutunya menuduh Moskow melakukan perang tak beralasan untuk merebut wilayah dari tetangganya yang pro-Barat.

Serangan Berlanjut

Posisi pasukan Rusia di Kupiansk dan Lyman di Ukraina timur dan daerah antara Mykolaiv dan Kryvyi Rih di Provinsi Kherson disebut oleh Surovikin sebagai tempat yang terus diserang.

Dia mengakui, bahwa ada bahaya pasukan Ukraina bergerak maju menuju Kota Kherson, yang terletak di dekat mulut Dnipro di tepi barat.

Rusia merebut kota itu pada hari-hari awal invasi dan tetap menjadi satu-satunya kota besar Ukraina yang direbut pasukan Moskow secara utuh.

Kherson, salah satu dari empat provinsi Ukraina yang diduduki sebagian yang diklaim Rusia telah dicaplok, mengendalikan satu-satunya rute darat ke semenanjung Krimea yang direbut Rusia pada 2014.

Setelah menggelar referendum pada bulan September, yang dikecam oleh pemerintah Kyiv dan Barat sebagai ilegal, Putin memproklamirkan provinsi perbatasan Ukraina timur Donetsk dan Luhansk - bersama-sama dikenal sebagai Donbas - serta Kherson dan Zaporizhzhia sebagai wilayah penuh Rusia.

Vladimir Saldo, kepala wilayah Kherson yang diangkat Rusia, mengatakan risiko serangan oleh pasukan Ukraina telah menyebabkan keputusan untuk mengevakuasi beberapa warga sipil dari empat kota.

"Pihak Ukraina sedang membangun kekuatan untuk serangan skala besar," kata Balance dalam sebuah pernyataan video.

Militer Rusia sedang bersiap untuk mengusir serangan itu, katanya seraya menambahkan, di mana militer beroperasi, tidak ada tempat bagi warga sipil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nancy Junita
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper