Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Habiskan Rp4,9 Trilun, Pesawat NASA Tanpa Awak Berhasil Ubah Jalur Lintasan Asteroid

NASA menyebut pesawat ruang angkasa tanpa awak yang mereka terbangkan ke luar angkasa untuk mendorong asteroid menjauh dinyatakan berhasil.
Asteroid/Istimewa
Asteroid/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Badan Penerbangan dan Antariksa (NASA) mengatakan bahwa pesawat ruang angkasa tanpa awak yang mereka terbangkan ke luar angkasa untuk mendorong asteroid menjauh dinyatakan berhasil.

Melansir  Channel News Asia, Rabu (12/10/2022), Bill Nelson selaku Kepala NASA mengatakan bahwa hal ini merupakan kejadian pertama kali yang dilakukan oleh manusia untuk mengubah jalur asteroid.

“Ini adalah momen penting untuk pertahanan planet dan momen penting bagi kemanusiaan," kata kepala NASA Bill Nelson.

Diketahui, berhasilnya pengubahan jalur asteroid ini dilakukan setelah uji terbang bunuh diri pesawat ruang angkasa DART pada 26 September 2022.

Setelah diterbangkan, melalui pengataman teleskop, NASA memaparkan bahwa DART berhasil menabrak asteroid tersebut.

Misi DART mengabiskan dana senilai US$330 juta atau Rp4,9 trilun dan dikembangkan selama tujuh tahun. DART juga merupakan tes pertama di dunia dari sistem pertahanan planet yang dirancang untuk mencegah potensi tabrakan meteorit kiamat dengan Bumi.

Target langit dari penerbangan DART adalah asteroid berbentuk telur bernama Dimorphos, kira-kira seukuran stadion sepak bola, mengorbit asteroid induk sekitar lima kali lebih besar yang disebut Didymos setiap 11 jam, 55 menit.

Tujuannya adalah untuk menerbangkan kendaraan penabrak DART langsung ke Dimorphos dengan kecepatan sekitar 22.531 km/jam, menciptakan kekuatan yang cukup untuk menggeser jalur orbit moonlet lebih dekat ke pendampingnya yang lebih besar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Lukman Nur Hakim
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper