Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Menilik Peristiwa Luar Biasa di Hari Kelahiran Nabi Muhammad SAW, Langit Tertutup untuk Iblis

Terdapat beberapa peristiwa luar biasa yang terjadi di hari kelahiran Nabi Muhammad SAW.
Restu Wahyuning Asih
Restu Wahyuning Asih - Bisnis.com 08 Oktober 2022  |  14:22 WIB
Menilik Peristiwa Luar Biasa di Hari Kelahiran Nabi Muhammad SAW, Langit Tertutup untuk Iblis
Umat Muslim melakukan ziarah di Gunung Al-Noor, Mekkah, Arab Saudi, Senin (4/7/2022). Umat Islam percaya Nabi Muhammad menerima kata-kata pertama dari Alquran melalui Jibril di Gua Hira yang berada di gunung tersebut. REUTERS - Mohammed Salem
Bagikan

Bisnis.com, SOLO - Maulid Nabi Muhammad SAW 1444 Hijriah diperingati pada hari ini, Sabtu (8/10/2022).

Dalam kalender Masehi, tanggal 8 Oktober 2022 masuk ke dalam hari libur nasional.

Dalam bangsa Arab, perayaan untuk memperingati kelahiran Nabi Muhammad SAW menurut catatan Ahmad Tsauri dalam Sejarah Maulid Nabi (2015) menjelaskan bahwa perayaan Maulid Nabi sudah dilakukan oleh masyarakat Muslim sejak tahun kedua hijriah.

Muhammad diyakini lahir pada 12 Rabiul Awwal Tahun Gajah (570 Masehi). Namun dalam catatan Muhammad Husain Haekal dalam Sejarah Hidup Muhammad (2006) ada juga pendapat-pendapat lain yang menyatakan bahwa Nabi lahir lima belas tahun sebelum peristiwa gajah.

Namun ada juga beberapa pendapat yang mengatakan bahwa Rasulullah dilahirkan beberapa hari atau beberapa bulan atau juga beberapa tahun sesudah Tahun Gajah. Ada yang menaksir tiga puluh tahun, dan ada juga yang menaksir sampai tujuh puluh tahun.

Terdapat beberapa peristiwa penting nan luar biasa yang terjadi saat Nabi Muhammad SAW dilahirkan. Di antaranya yakni:

Api sesembahan Majusi padam

Melansir dari NU Online, api sesembahan Majusi, salah satu aliran teologis, padam. Seperti yang diketahui menganut aliran Majusi menyembah api.

Bagi mereka, api adalah kekuatan yang bisa memberi perlindungan dari segala macam bahaya serta mampu menganugerahi kesejahteraan bagi umat manusia.

Konon, penganut Majusi mempunya api yang tidak pernah padam selama ribuan tahun. Namun saat kelahiran Nabi Muhammad SAW, api tersebut padam.

Hal ini tertuang dalam salah satu riwayat Imam al-Baihaqi yakni:

Langit ditutup untuk Iblis

Sebelum Nabi Muhammad lahir, konon iblis bisa mencuri dengar perbincangan malaikat soal suratan takdir di langit ketujuh.

Iblis pun akan menyampaikan informasi rahasia itu kepada para dukun sehingga mereka bisa mengetahui hal-hal gaib.

Namun saat Nabi Muhammad SAW lahir, portal langit ditutup dan iblis pun tidak bisa lagi mencuri perbincangan malaikat. Hal ini disampaikan oleh As-Suhaili dalam ar-Raudhul Unf.

Lahir dalam keadaan sujud

Nabi Muhammad SAW disebutkan lahir dalam keadaan sujud. Imam Jalaluddin as-Suyuti dalam Khasaishul Kubra melaporkan bahwa begitu keluar dari rahim Siti Aminah, Nabi Muhammad sujud lalu mengangkat kedua tangannya seperti orang berdoa. (Jalaluddin as-Suyuti, Khasaishul Kubra, 2017: 82).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

maulid nabi nabi muhammad
Editor : Restu Wahyuning Asih
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top