Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Ini 5 Negara dengan Biaya Hidup Termurah, Indonesia Salah Satunya

Berikut ini negara dengan biaya hidup termurah yang bisa kamu kunjungi dan tentunya cocok untuk para traveller.
Hana Fathina
Hana Fathina - Bisnis.com 26 September 2022  |  10:43 WIB
Ini 5 Negara dengan Biaya Hidup Termurah, Indonesia Salah Satunya
Negara dengan biaya hidup termurah
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Negara dengan biaya hidup termurah banyak berasal dari Asia. Salah satunya dari negara Indonesia. Bagi penggemar Travelling, bepergian ke negara biaya hidup termurah itu tentu menyenangkan. Karena Ketika berpergian ke negara dengan biaya hidup termurah ini kamu bisa menghemat banyak uang. Jika kamu berencana menjadikan negara-negara dengan biaya termurah ini sebagai salah satu destinasi wisata, sebaiknya kamu mengetahui dulu negara apa saja dengan biaya hidup termurah. 

Di negara-negara ini, kamu bisa berjalan-jalan hingga menetap tanpa mengkhawatirkan pengeluaran hidup kamu. Beberapa negara juga ada yang termasuk ke dalam deretan destinasi top dan sering didatangi oleh turis mancanegara. Mulai dari tempat yang menakjubkan, pemandangan yang indah hingga lingkungannya yang penuh budaya. 

Berikut ini beberapa negara dengan biaya hidup termurah yang sudah dilansir dari berbagai sumber:

1. Thailand

Negara Thailand memang dikenal sebagai negara yang banyak wisatawan Indonesia. Selain karena memiliki tujuan wisata yang menarik, Thailand juga memiliki biaya hidup yang murah, sehingga menjadi negara favorit para pelancong dengan budget yang pas-pasan. Harga rata-rata makanan di Bangkok, berkisar di angka Rp.20.000 hingga 40.000 saja. Kamar pribadi untuk dua orang di pusat kota bisa kamu dapat dengan harga mulai Rp100.000an saja. 

Sementara jika kamu ingin berkeliling kota, kamu bisa naik BTS Skytrain atau MRT yang berkisar di harga Rp.6000 hingga 20.000 per sekali jalan, tergantung seberapa jauh kamu pergi dan apakah kamu melewati zona yang berbeda atau tidak. Meskipun demikian, tidak semua kota di Thailand memiliki biaya hidup yang murah. Contohnya di kota Phuket, meskipun harga penginapan murah, tetapi harga makanan dan transportasi tergolong mahal. 


2. Nepal 

Negara yang berada dekat India ini menyuguhkan keindahan alam yang tidak bisa kamu temukan di tempat lain. Bahkan negara ini memiliki banyak situs-situs bersejarah yang sudah diakui oleh UNESCO. Kamu tidak akan menyesal untuk travelling ke tempat ini karena Nepal terletak di pegunungan Himalaya yang tertutup salju abadi. 

Tidak hanya itu, negara ini juga menyuguhkan biaya hidup yang murah dan pas untuk kantong para traveller. Daya beli local di negara ini tergolong rendah, sesuai dengan PDB per kapitanya yang hanya lebih dari $700 menurut Bank Dunia. Harga sewa tempat tinggal di Nepal jauh lebih murah di negara lainnya, dimana satu hamar tidur di Kathmandu hanya dihargai $109 saja per bulannya. 

Tidak hanya harga sewa, harga makanan juga tergolong murah di tempat ini. Untuk menetap di negara ini, setidaknya anggaran bulanan yang perlu disiapkan sekitar US$340 yang sudah mencakup sewa dan utilitas, bahan makanan, transportasi dan hiburan. 

3. Indonesia 

Negara Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki biaya hidup paling murah di dunia, meskipun tergantung dengan gaya hidup orang masing-masing, namun rata-rata masyarakat Indonesia hanya membutuhkan anggaran bulanan setidaknya Rp 5 juta. Itupun sudah termasuk biaya makan, listrik, transportasi, hiburan dll. 

Tidak hanya murah, Indonesia dikenal sebagai negara jutaan objek wisata yang menakjubkan dan menawarkan keindahan alam. Negara ini juga kaya akan budaya dan keanekaragaman kuliner, sehingga senantiasa menawarkan pengetahuan dan pengalaman baru yang tidak ada habisnya. 

4. India 

Negara dengan tingkat pertumbuhan tertinggi di dunia ini juga merupakan salah satu negara dengan biaya hidup paling murah di dunia. Seperti hal nya dengan negara lain, di India juga terdapat kota-kota besar yang biaya hidupnya lebih mahal dibandingkan kota-kota kecil lainnya. Contohnya seperti Mumbai, New Delhi, Goa dan lainnya. Meskipun demikian, rata-rata biaya hidup di India tergolong murah dan terjangkau. 

Biaya transportasi yang disuguhkan juga murah yaitu sekitar Rp.3.000 per km nya. Bahkan hanya dengan Rp.20.000 saja kamu bisa menikmati makanan khas India yaitu roti prata. Selain itu biaya menginap yang ditawarkan cukup murah yaitu Rp.300.000 per malamnya. 

5. Bolivia 

Bolivia merupakan negara kecil yang berada di Amerika Selatan yang berbatasan dengan Brasil di sebelah utara dan timur, Paraguay, dan Argentina di selatan, serta Chilli dan Peru di bagian barat. Meskipun masuk ke benua Amerika Selatan, biaya hidup di negara ini tidak semahal negara-negara tetangganya. 

Untuk menginap, kamu hanya butuh mengeluarkan Rp250.000 per malamnya. Kamu juga tidak perlu mengkhawatirkan biaya mahal untuk mengunjungi tempat wisata. Cukup berkeliling kota saja, kamu sudah bisa mendapatkan pemandangan yang indah. Kamu bisa berkunjung ke Sucre yang memiliki banyak arsitektur peninggalan kolonial. 


Itulah beberapa rekomendasi negara dengan biaya hidup termurah yang bisa kamu kunjungi jika kamu memiliki budget yang pas-pasan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

biaya hidup gaya hidup negara sejarah
Editor : Novita Sari Simamora
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top