Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pemakaman Ratu Elizabeth II, 2.000 Kepala Negara Penuhi Westminster Abbey

Upacara pemakaman Ratu Elizabeth II akan dihadiri oleh 2.000 kepala negara serta raja dan ratu di seluruh dunia.
Szalma Fatimarahma
Szalma Fatimarahma - Bisnis.com 19 September 2022  |  16:25 WIB
Pemakaman Ratu Elizabeth II, 2.000 Kepala Negara Penuhi Westminster Abbey
Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden dan istri, Jill Biden tiba di Westminster Abbey di London Inggris untuk mengikuti prosesi pemakaman Ratu Elizabeth II, Senin (19/9/2022). - Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pemakaman Ratu Elizabeth II berlangsung pada Senin (19/9/2022) pukul 11.00 waktu Inggris. Upacara kenegaraan ini setidaknya akan dihadiri oleh 2.000 kepala negara serta raja dan ratu di seluruh dunia.

Mengutip dari BBC, Senin (19/9/2022), Westminster Abbey, tempat pelaksanaan upacara pemakaman kenegaraan Ratu Elizabeth II terpantau telah dipenuhi oleh sejumlah tamu undangan, antara lain mantan Menteri Pertama Irlandia Utara Arlene Foster, mantan Wakil Perdana Menteri Inggris Nick Clegg, Menteri Dalam Negeri Suella Braverman, serta Sekretaris Negara untuk Strategi Bisnis, Energi, dan Industri Inggris Jacob Rees-Mogg.

Sementara itu, mobil limosin yang membawa Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden dan sang istri, Jill Biden hingga saat ini dikabarkan masih terjebak di dalam kemacetan lalu lintas di Kota London.

Sedangkan Raja Philippe dan Ratu Mathilde dari Belgia, Raja Filipe dan Ratu Letizia dari Spanyol, Raja Carl XVI Gustaf dari Swedia, menjadi pemimpin dunia yang memilih untuk menukarkan kendaraan pribadinya dengan bus antar jemput yang disediakan oleh Pemerintah Inggris.

Berikut rincian agenda pemakaman Ratu Elizabeth II pada Senin (19/9/2022):

06.30 Westminster Hall mulai ditutup untuk masyarakat umum.

08.00 Pintu Westminster Abbey dibuka menjelang pemakaman.

10.44 Peti jenazah Ratu dibawa untuk prosesi singkat dari Istana Westminster ke Westminster Abbey di State Gun Carriage of the Royal Navy menggunakan kereta yang akan ditarik oleh 142 prajurit dari Angkatan Laut Kerajaan. 

Raja Charles III akan berjalan di belakang, bersama Putri Kerajaan Anne, Putra Andrew, serta Putra Edward. Di belakang mereka akan ada cucu Ratu, Pangeran Wales, Duke of Sussex dan Peter Phillips.

10.52 Peti jenazah Ratu dijadwalkan tiba di Biara.

11.00  Pemakaman kenegaraan dimulai.

11.55 Last Post akan berbunyi, diikuti dengan mengheningkan cipta selama dua menit yang akan dilaksanakan di Biara dan seluruh Inggris. 

12.00  Reveille, lagu kebangsaan dan ratapan, yang dimainkan oleh Queen's piper, akan mengakhiri upacara pemakaman kenegaraan.

Setelah kebaktian, peti jenazah akan melakukan perjalanan dalam prosesi dari Westminster Abbey ke Wellington Arch.

Raja dan bangsawan senior akan berjalan di belakang peti mati.

Camilla, Permaisuri, Putri Wales, Duchess of Sussex dan Countess of Wessex akan mengikuti prosesi dengan mobil. Big Ben akan berdentang dengan interval satu menit.

16.00 Sebuah layanan komitmen dimulai di Kapel St. George, Windsor.

19.30  Peti jenazah Ratu akan diletakkan di Royal Vault, di samping suaminya, mendiang Duke of Edinburgh, yang meninggal pada April 2021.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ratu elizabeth kerajaan inggris Joe Biden
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top