Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Anies Siap Maju Pilpres 2024, Siapa Bakal Meminangnya?

Mayoritas kader PKS mendukung Anies Baswedan sebagai capres di Pilpres 2024.
Foto Anies Baswedan dan para elite politik./Sumber: Twitter Andi Arief
Foto Anies Baswedan dan para elite politik./Sumber: Twitter Andi Arief

Sikap PKS dan Demokrat

Kader PKS Ingin Anies Baswedan

Ketua DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Bidang Koordinasi Kehumasan Mardani Ali Sera mengungkapkan mayoritas kadernya ingin Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan maju sebagai calon presiden (capres) usungan partai di Pilpres 2024.

Meski begitu, Mardani mengatakan bahwa PKS tak bisa langsung mendeklarasikan Anies sebagai capres usungan partai tanpa membangun koalisi terlebih dahulu.

Sebagai informasi, PKS hanya memiliki kursi sebanyak 8,7 persen kursi di DPR, artinya harus berkoalisi dengan partai parlemen lainnya untuk mencapai ambang batas pencalonan presiden sebesar 20 persen.

“Kader sih mayoritas ingin Anies. Tapi kan PKS tahu diri, cuma 50 kursi. Kalau kita deklarasi sendiri, tiba-tiba nanti kemudian [partai] yang lain takut, enggak mau deklarasi, kasian Mas Anies-nya.” ujar Mardani dalam diskusi Ngopi dari Seberang Istana: 2024 Panggung Sandiwara atau Perubahan? di Amaris Hotel Juanda, Jakarta, Sabtu (17/9/2022).

Saat ditemui setelah acara, Mardani juga menjelaskan banyak kader partai yang sudah dekat dengan Anies karena sejak Pilkada DKI Jakarta pada 2017 lalu, PKS sudah mengusung mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan 2014-2016 tersebut.

Selain Anies, dia juga mengungkapkan, Ketua Majelis Syuro PKS Salim Segaf Al-Jufri juga menjadi capres potensial usungan partai di Pilpres 2024.

"Kalau internal kita Dr. Salim Segaf Al-Jufri, kalau eksternal kita dengan Mas Anies Baswedan kita dekat,” ungkapnya.

Foto Anies AHY

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terekam berfoto bersama dengan Ketua Umum Partai NasDem Sruya Paloh, Ketum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Ketum PKS Ahmad Syaikhu, dan mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Momen foto bersama itu terjadi di tengah komunikasi intens antara elite ketiga partai untuk berkoalisi jelang dalam Pilpres 2024 dan gaduh antara PDIP dengan Demokrat soal pernyataan SBY.

Adapun momen itu diunggah Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPP Partai Demokrat Andi Arief di akun twitternya.

Anies Baswedan berada di tengah-tengah Ketum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Ketum Nasdem Surya Paloh, Ketum PKS Ahmad Syaikhu, dan mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Kelima tokoh tersebut berjajar dengan latar belakang pelaminan, hajatan acara pernikahan anak dari kader Partai Nasdem Sugeng Prawoto.

"Kita tidak tahu doa siapa yang akan diterima "langit"," tulis Andi, dikutip Minggu (18/9/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Akbar Evandio
Editor : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper