Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Anies Siap Maju Pilpres 2024, Siapa Bakal Meminangnya?

Anies Baswedan telah menyatakan kesiapannya untuk maju sebagai capres. Sejumlah partai menyatakan siap meminangnya.
Anies Baswedan / Bisnis - Pernita Hestin Untari
Anies Baswedan / Bisnis - Pernita Hestin Untari

Bisnis.com, JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan siap maju sebagai calon presiden (capres) dalam Pilpres 2024. Dia menyebut nihilnya kendaraan politik membuatnya memiliki ruang untuk berkomunikasi dengan semua parpol.

“Saya siap maju sebagai presiden jika ada partai yang menominasikan saya,” kata Anies, Kamis (15/9/2022).

Dia menyebut hasil survei yang kerap memposisikan namanya dalam tiga besar capres terjadi sebelum dia mulai berkampanye. Menurutnya, hasil survei bakal memberikan kredibilitas lebih baginya.

Anies dikabarkan telah didekati oleh sejumlah elite partai politik. NasDem adalah partai yang telah secara terbuka akan mengusung Anies dalam kontestasi Pilpres 2024. Kedekatan antara NasDem dan Anies bahkan telah terjalin sejak tahun 2019 silam.

Selain NasDem, Demokrat dan PKS kabarnya juga memiliki niatan yang sama. Kader PKS bahkan telah beberapa kali secara terbuka menginginkan supaya Gubernur DKI tersebut menjadi pengganti Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Tanggapan NasDem

Sementara itu, Wakil Ketua Umum Partai NasDem Ahmad Ali, menilai apa yang dikatakan Anies merupakan hal yang wajar. Sebab, selama ini popularitas dan elektabilitas Anies dalam setiap survei menunjukkan hasil yang konsisten.

Anies dinlai menarik bagi parpol yang ingin menjadi wadah untuk mencari pemimpin. “Menjadi menarik karena Anies bukan anggota parpol. Langkah Anies mengatakan kesiapannya lebih awal perlu diapresiasi,” kata Ali, Kamis (15/9/2022).

Ali menjelaskan, Anies memang sudah digandeng oleh NasDem. Rakernas memutuskan untuk mengusung Anies menjadi bakal capres. Ali menyebut partainya juga sedang dalam proses penjajakan dengan partai lain untuk menawarkan figur, termasuk Anies.

“Anies sudah digandeng oleh NasDem, sudah jadi putusan rakernas,” katanya.

Kendati begitu, Ali mengatakan partainya masih menggodok satu nama yang bakal diusung sebagai capres.

“Jadi kita lihat saja nanti seperti apa di NasDem, karena Anies Baswedan jadi salah satu nama yang diputuskan, tentunya menjadi salah satu figur,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman Selanjutnya
Sikap PKS dan Demokrat
Penulis : Akbar Evandio
Editor : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper