Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Simak 10 Alat Musik Harmonis dan Cara Memainkannya

Berikut alat musik jenis harmonis dimainkan untuk memainkan harmoni pada suatu lagu.
Alat musik harmonis
Alat musik harmonis

Bisnis.com, JAKARTA - Alat musik harmonis merupakan alat musik yang mampu memainkan 3 nada atau lebih secara bersamaan untuk menciptakan harmoni pada sebuah lagu. Melodi dan harmoni didapatkan dari pengaturan nada. Melodi merupakan sekumpulan nada yang terdapat dalam musik. Sebagai contoh, dalam sebuah band, para pemain bass, gitar, dan keyboard memainkan melodi emreka masing-masing. 

Berbeda dengan jenis alat musik ritmis dan melodis, alat musik harmonis terbagi lagi menjadi dua jenis, yaitu tradisional dan modern. Kamu juga perlu mengetahui, jika semua alat musik harmonis adalah alat musik melodis. Akan tetapi, beberapa alat musik melodis belum tentu alat musik harmonis. 

Berikut ini beberapa alat musik harmonsis yang sudah dilansir dari berbagai sumber:

1. Cello 
Alat musik yang mirip dengan biola ini memiliki ukuran yang jauh berbeda dari alat musik gesek lainnya. Cara memainkannya juga sangat berbeda. Biasanya, cello dimainkan di acara konser musik klasik. Namun, seiring dengan berkembangnya waktu dan dunia permusikan, banyak juga pemusik yang memainkan cello untuk mengiringi genre musik lainnya. 

2. Saxophone 
Alat musik saxophone berasal dari Belgia yang dibuat oleh pemain clarinet yang bernama Adolphe Sax pada awal tahun 1840. Saat ini, sexophone telah menjadi alat musik modern yang dimainkan dengan cara ditiup dan ditekan secara bersamaan. 

3. Sampek 
Alat musik harmonis ini berasal dari Kalimantan dengan kayu yang di ukiran khas suku Dayak ini dikenal dengan nama sampek. Sampek dimainkan dengan cara memetik dua hingga tiga dawai. Konon, jika kamu mendengar suara dari sampek, kamu akan merasa sedang berada di tempat asalnya.

4. Bonang 
Jika dilihat secara sekilas, bonang terlihat seperti gong, namun yang menyamakan bonang dengan gong hanya bahan yang digunakan sama yaitu logam. Bonang adalah alat musik yang asalnya dari Jawa dan masuk kedalam kategori alat musik harmonis. Biasanya sering dimainkan dalam pagelaran gamelan Jawa. 

5. Gambus 
Gambus merupakan alat musik harmonis yang mirip dengan gitar. Gambus adalah alat musik adaptasi dari musik Arab yang bernama Al’ud. Gambus berasal dari Riau. Alat musik ini dimainkan dengan cara dipetik dan memiliki beberapa senar. Jumlah senar dari alat musik harmonis ini berbeda-beda, antara 3 hingga 12. 

6. Sasando 
Sasando merupakan alat musik yang berasal dari NTT, Tepatnya dari Rote. Sasando merupakan alat musik dawai yang bisa dimainkan dengan cara dipetik. Alat musik ini terbuat dari bambu sebagai bagian utama dengan bantalan kayu yang melingkar dari bagian bawah hingga bagian atas untuk penyangga senar. 

7. Harpa 
Hampir sama seperti cello, harpa juga dimainkan dengan cara dipetik dalam posisi berdiri atau duduk di kursi. Walaupun harpa juga menggunakan senar, namun cara memainkannya berbeda dengan gitar yaitu dengan menekan senar pada salah satu tangan dan memetik senar pada tangan lainnya. 

8. Angklung 
Alat musik yang berasal dari Jawa Barat ini merupakan alat musik harmonis yang cukup populer di dunia. Angklung terbuat dari bambu dan dimainkan oleh banyak orang secara bergantian dengan menyesuaikan nada yang akan dibunyikan. Karena pada dasarnya angklung hanya memiliki satu nada saja. 

9. Celempung 
Alat musik yang berasal dari Jawa ini, biasa dimainkan pada saat acara gamelan. Cara memainkan celempung ini bisa dengan cara dipetik dengan jumlah senar sebanyak 11 buah. 

10. Keyboard 
Alat musik ini terdiri dari voice, style, sequencer, parameter, monitor, speaker, potensiometer, volume, pitch, monulation, dan tombol multi track. Keyboard banyak digunakan oleh pecinta musik yang sering berpindah tempat karena mudah dibawa kemana-mana dan lebih praktis. 

Itulah beberapa alat musik harmonis beserta cara memainkannya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hana Fathina
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper