Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Wapres Ma'ruf Amin Kaget Banyak Kasus kekerasan Terjadi di Ponpes

Wapres Ma’ruf Amin menyatakan kasus kekerasan yang terjadi pada sejumlah ponpes telah mencoreng dunia pendidikan di pesantren.
Wapres Maruf Amin/ Setwapres
Wapres Maruf Amin/ Setwapres

Bisnis.com, JAKARTA - Wakil Presiden Ma’ruf Amin menyatakan kasus kekerasan yang terjadi pada sejumlah pondok pesantren (ponpes) dalam beberapa waktu ke belakang telah mencoreng dunia pendidikan.

Orang nomor dua di Indonesia tersebut menginstruksikan agar ke depan harus dilakukan pengawasan lebih ketat agar kasus serupa tidak terulang kembali.

"Saya beberapa hari ini dikagetkan di pesantren terjadi kekerasan, ada yang meninggal di Tangerang, di beberapa tempat ada kekerasan, ini harus betul-betul diawasi karena mencoreng dunia pesantren," ujarnya di Bekasi Timur, Jawa Barat, Rabu (31/8/2022).

Hal tersebut dia sampaikan dalam sambutannya pada acara Milad ke-37 Yayasan Waqaf Al Muhajirien Jakapermai, di Bekasi Timur, Jawa Barat, Rabu (31/8).

Alhasil, Ma'ruf meminta Yayasan Waqaf Al Muhajirien Jakapermai selaku pengurus sekolah Al-Azhar di Bekasi memastikan tidak ada tindak kekerasan serupa di lingkungan pendidikannya.

"Saya minta jangan sampai di sekolah Islam seperti Al-Azhar ini terjadi (kekerasan) sebab kita ingin menjadikan generasi wasathiyah," katanya.

Menurutnya, generasi wasathiyah adalah generasi Muslim yang moderat, toleran, bisa menghargai perbedaan dan tidak memaksakan kehendak. Adapun, dirinya mengingatkan bahwa generasi yang diperlukan saat ini adalah generasi muttaqin, mu'ammiriin, dan wasathiyah.

Lebih lanjut, dia menjelaskan Muttaqina adalah generasi yang mematuhi perintah Allah SWT dan rasulnya tanpa menunda-nunda. Mu'ammiriin adalah generasi yang memakmurkan bumi dengan membangun perekonomian dan sumber daya manusia, serta generasi wasathiyah yang moderat dan toleran.

"Saya kira generasi yang ingin kita bangun adalah itu dan kita harap Al-Azhar menjadi salah satu kawah candradimuka untuk melahirkan generasi Muslim yang mutaqqin, mu'ammiriin tapi juga wasathiyah. Saya yakin Al-Azhar bisa melahirkan generasi seperti itu," ujar Ma’ruf.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper