Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

DPR Sorot Gaya Hidup Mewah Pejabat Polisi dan Istrinya

Wakil Ketua Komisi III DPR RI Adies Kadir menyoroti kehidupan mewah anggota Polri di tingkat direktur dan kepala kepolisian resor (kapolres).
Rapat dengar pendapat (RDP) Polri dengan Komisi III DPR RI, Rabu (24/8/2022). JIBI/Bisnis-Nancy Junita
Rapat dengar pendapat (RDP) Polri dengan Komisi III DPR RI, Rabu (24/8/2022). JIBI/Bisnis-Nancy Junita

Bisnis.com, JAKARTA - Wakil Ketua Komisi III DPR RI Adies Kadir menyoroti kehidupan mewah anggota Polri di tingkat direktur dan kepala kepolisian resor (kapolres).

Awalnya, dia menyampaikan soal tingkat kepercayaan masyarakat terhadap Polri yang rendah.

Menurut Adies, tingkat kepercayaan tersebut rendah bukan hanya terjadi lantaran kasus kematian Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat (Brigadir J). Namun, juga gaya hidup personel kepolisian.

"Penurunan ini disebabkan oleh perilaku, dan gaya hidup teman-teman Polri di tingkat bawah. Saya mengenal Pak Kapolri Pak Sigit, Pak Gatot, Pak Agus, Pak Agung, Pak Dofiri, dan Pak Anang sudah lama. Setiap saya berkomunikasi dan perilaku itu sampai saat ini biasa-biasa saja tetap komunikasi baik," kata Adies pada Rapat Dengar Pendapat (RDP) di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (24/8/2022).

Namun, lanjut Adies, hal berbeda terjadi di tingkat direktur dan kapolres. Menurutnya, mereka justru lebih susah untuk diajak berkomunikasi.

"Kalau lihat di bawah, di tingkat direktur dan kapolres sudah seperti raja-raja kecil di daerah. Terkadang kita mau telpon saja tidak diangkat, WA tidak dibalas, perilaku seperti ini sudah mulai memperlihatkan kapolres sudah luar biasa perilakunya seperti raja di daerah," katanya.

Adies juga kemudian menyinggung gaya hidup personel kepolisian dan istrinya. Menurutnya, banyak dari mereka yang kerap pamer menggunakan mobil hingga tas mewah dari merek ternama.

"Kemudian kita juga melihat gaya hidup mereka sudah mulai pakai cerutu, sudah mulai pakai wine. Mobilnya juga sudah mewah-mewah.  Kita lihat perilaku istri-istrinya itu, pakai tas Her**, itu sudah gonta-ganti. Kami tidak menghalang-halangi teman-teman polisi di daerah punya mobil banyak istri pakai Her** ganti-ganti tetapi gaya hidupnya diupload-upload diperlihatkan tidak usah," katanya.

Menurutnya gaya hidup mewah anggota kepolisian tersebut justru membuat masyarakat nyinyir. Hingga menurunkan kepercayaan masyarakat terhadap kepolisian.

"Ini yang harus diubah Pak Kapolri terhadap perilaku kawan-kawan untuk meningkatkan kembali kepercayaan masyarakat dan juga perlihatkanlah kekompakan institusi agar tidak terkesan terpecah belah di dalam institusi Polri tersebut," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper