Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Sekjen PBB Guterres dan Presiden Zelensky Bertemu, Ini Hasilnya

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky bertemu Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Antonio Guterres untuk membahas ekspor biji-bijian.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 19 Agustus 2022  |  18:51 WIB
Sekjen PBB Guterres dan Presiden Zelensky Bertemu, Ini Hasilnya
Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy (kanan) dan Sekjen PBB Anotnio Guterres melakukan pertemuan di Ukraina, Rabu (17/8/2022). - Antara
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky bertemu Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Antonio Guterres untuk membahas ekspor biji-bijian dari Ukraina dan situasi terkini pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) Zaporizhzhia.

Dalam pertemuan di Kota Lviv, Ukraina, Zelensky memuji peran positif PBB dalam melanjutkan ekspor biji-bijian dari Ukraina dan menekankan kesiapan Kiev untuk menjamin ketahanan pangan global.

Zelensky dan Guterres, Kamis (19/8/2022), sepakat melanjutkan koordinasi terkait implementasi inisiatif biji-bijian dan menekankan pentingnya menambah jumlah kapal untuk mengekspor produk makanan dari Ukraina.

Keduanya juga berbicara tentang peran PBB dalam memastikan keamanan di PLTN Zaporizhzhia dan menekankan perlunya demiliterisasi di PLTN tersebut.

Topik lain yang dibahas dalam diskusi Zelenskyy dan Guterres adalah pembebasan personel militer dan tenaga kesehatan Ukraina yang dijadikan tawanan selama konflik Rusia-Ukraina.

Guterres tiba di Ukraina, Rabu (17/8/2022), sebelum dia melakukan pertemuan tripartit dengan Zelensky dan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.

Sebelumnya, pada 22 Juli, Ukraina menandatangani kesepakatan dengan Turki dan PBB di Istanbul untuk melanjutkan pengiriman makanan dan pupuk dari pelabuhan Ukraina ke pasar internasional melalui Laut Hitam. Kesepakatan yang sama juga ditandatangani oleh Rusia.

Sementara itu, pekan lalu, Ukraina dan Rusia saling melontarkan tuduhan terkait serangan terhadap PLTN Zaporizhzhia, yang merupakan salah satu kompleks tenaga atom terbesar di Eropa dan menghasilkan seperempat dari total energi listrik Ukraina.

Kamis (11/8/2022), Ukraina menyerukan peluncuran misi internasional di bawah kepemimpinan Badan Energi Atom Internasional atau International Atomic Energy Agency (IAEA), yang melibatkan para pakar PBB, untuk mengunjungi PLTN itu guna menilai ancaman terhadap keselamatan nuklir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Perang Rusia Ukraina PBB Volodymyr Zelensky

Sumber : Antara

Editor : Nancy Junita
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top