Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Rangkuman Perang Rusia vs Ukraina Hari ke-176: Zelensky Siap Balas Dendam

Ukraina telah menerima setidaknya 20 rudal buatan AS tersebut. Apa yang akan dilakukan Presiden Zelensky?
Anshary Madya Sukma
Anshary Madya Sukma - Bisnis.com 18 Agustus 2022  |  11:20 WIB
Rangkuman Perang Rusia vs Ukraina Hari ke-176: Zelensky Siap Balas Dendam
Tim penyelamat berada di lokasi pusat perbelanjaan yang terkena serangan rudal Rusia di Kremenchuk, di wilayah Poltava, Ukraina, Senin (27/6/2022). Reuters - Anna Voitenko
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Konflik Rusia vs Ukraina sudah memasuki hari ke-176 sejak awal invasi. Pada hari ini, layanan darurat Ukraina telah melaporkan serangan Rusia di Kharkiv menewaskan tujuh orang dan melukai 16 orang. 

Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky telah mengutuk penyerangan satu blok apartemen ini dan dirinya menegaskan bahwa Ukraina akan membalas dendam. 

Sementara itu, kondisi militer dari pihak Rusia saat ini sedang melakukan pergantian komandan setelah ledakan yang mengguncang wilayah mereka di Krimea. 

Kabar pergantian ini akan menjadi kejadian paling mengejutkan untuk pemecatan sekelas pejabat militer di Rusia sejauh ini. 

Update rangkuman konflik Rusia vs Ukraina hari ke-176 yang dirangkum The Guardian pada Kamis (18/8/2022):

Pelatihan Pasukan China di Rusia

Pada 30 Agustus hingga 5 September, pasukan China dilaporkan akan melakukan perjalanan ke Rusia untuk melakukan latihan militer bersama yang diberi nama latihan 'vostok'. 

Kementerian Pertahanan China menegaskan bahwa pelatihan ini tidak memiliki keterkaitan dengan situasi internasional maupun regional yang terjadi saat ini. 

Pelatihan Tanggap Bencana Ukraina 

Pihak berwenang Ukraina saat ini sedang melakukan latihan tanggap bencana di dekat pembangkit listrik tenaga nuklir Zaporizhzhia, hal ini sebagai upaya penanggulangan ketika terjadi hal yang tidak diinginkan di kemudian hari. 

Ukraina Berniat Hancurkan Jembatan Kerch 

Penasihat utama Presiden Ukraina, Mhkhaylo Podolyak mengatakan bahwa jembatan utama yang menghubungkan Krimea ke daratan Rusia harus dihancurkan.

Pembongkaran ini terjadi lantaran jembatan Kerch yang memiliki panjang 19 km ini digunakan untuk jalur pasokan  militer Rusia. 

Pelepasan Sel Kelompok Teroris di Krimea

Pejabat tinggi di Krimea mengklaim bahwa dinas keamanan FSB telah melepaskan sel teroris  beranggotakan enam orang dari kelompok terlarang, hal ini juga diikuti setelah serangkaian serangan di pangkalan-pangkalan dan infrastruktur lainnya di seluruh wilayah Rusia.

12 Orang Rusia Tewas di kota Nova Kakhovka

Militer Ukraina melaporkan sedikitnya 12 orang Rusia telah tewas dalam serangan di sebuah pangkalan di kota Nova Kakhovka. Serangan itu juga terekam dalam video yang tersebar di Telegram dengan memperlihatkan banyak truk yang terbakar, bangunan runtuh, dan puing-puing.

Ukraina Menyanggah Klaim Rusia Soal Roket Himars

Menteri Pertahanan Ukraina, Oleksii Rezkinov telah menegaskan bahwa Ukraina tidak pernah kehilangan peluncur roket Himars yang dipasok AS seperti yang diklaim Rusia. 

Sebagai informasi, Ukraina telah menerima setidaknya 20 peluncur buatan AS tersebut, dan telah menggunakannya untuk menyerang gudang amunisi, pos komando, dan pertahanan udara Rusia.

Penculikan Wali Kota di Desa Verkhyno Rogachytsk

Wakil ketua dewan regional wilayah Kherson, Yuri Sobolevsky mengatakan bahwa Wali Kota Desa Verkhyno Rogachytsk, Svitlana Ivanivna telah diculik di kediamannya pada pukul 11 pagi hari Selasa (16/8/2022).

Kapal Pengangkut Biji-bijian Sudah Mencapai Selat Boshphorus

Kapal pengangkut biji-bijian pertama dari Ukraina telah   mencapai Selat Bosphorus. Situs lalu lintas laut menunjukkan MV Brave Commander yang membawa kargo 23.000 ton bahan pangan itu akan melintasi jantung Istanbul menuju tujuan akhirnya di Djibouti, Ethiopia, dan diperkirakan sampai minggu depan.

Kanada Kucurkan Pinjaman Dana Sebanyak US$348 Juta Untuk Ukraina 

Wakil Perdana Menteri Kanada, Chrystia Freeland mengumumkan bahwa kanada telah memberikan pinjaman dana sebesar US$348 Juta untuk pembelian bahan bakar pemanas sebelum musim dingin untuk Ukraina. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Perang Rusia Ukraina Ukraina Rusia
Editor : Novita Sari Simamora
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top