Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Puluhan Toko Ritel Lumpuh Akibat Banjir Bandang di Seoul

Hujan lebat membuat atap sejumlah toko ritel bocor, sedangkan banjir mengganggu pengiriman oleh toko online karena rute transportasi utama masih terendam air.
Nabila Dina Ayufajari
Nabila Dina Ayufajari - Bisnis.com 09 Agustus 2022  |  18:15 WIB
Puluhan Toko Ritel Lumpuh Akibat Banjir Bandang di Seoul
Ibu Kota Korea Selatan Seoul dilanda banjir besar pada Senin (8/8/2022) akibat hujan deras yang mengguyur kota itu. Sejumlah rumah, perkantoran, dan properti lain terendam. Akibatnya, warga di datararan rendah diungsikan. - Yonhap
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Hujan deras dan banjir yang melanda Seoul dan wilayah tengah Korea Selatan sejak Senin (8/8/2022) berdampak besar ke industri ritel.

Dilansir dari Yonhap pada Selasa (9/8/2022), bagian dari Seoul serta sekitar Incheon dan Provinsi Gyeonggi mengalami hujan pada Senin malam (8/8/2022), dengan curah hujan per jam di distrik Dongjak Seoul melebihi 141,5 mm pada satu titik.

Kondisi ini telah berdampak pada sektor ritel dengan membuat beberapa department store dan kedai kopi tutup, serta mengganggu pengiriman oleh toko online karena rute transportasi utama masih terendam air.

Menurut salah seorang sumber, IFC Mall di distrik keuangan Yeouido ditutup sementara karena hujan lebat menyebabkan kebocoran di langit-langit gedung.

Di selatan Seoul, kompleks restoran bawah tanah Shinsegae, Stasiun Famille, yang terletak di dekat stasiun terminal bus ekspres di daerah Gangnam, harus menghentikan operasinya setelah beberapa daerahnya terendam air.

Adapun, Starbucks Korea harus menangguhkan operasi pagi di 12 toko di Seoul dan sekitarnya karena air hujan bocor dari langit-langit gedung. Jaringan toserba juga mengalami kerusakan akibat air hujan.

"Sekitar 200 toko CU telah rusak akibat banjir, air dan pemadaman listrik pada hari Selasa," kata operator CU, BGF Retail.

Pada pukul 9.00, 46 toko GS25 dan sekitar 40 outlet 7-Eleven di Seoul selatan mengalami kerusakan akibat banjir, berdasarkan laporan operator dari dua jaringan toko serba ada.

Gangguan juga telah dilaporkan dari pusat perbelanjaan online karena banjir telah menghambat pengiriman barang ke pelanggan.

Raksasa e-grocery Market Kurly dilaporkan mengirimkan pemberitahuan kepada konsumennya bahwa pengiriman beberapa barang mungkin tertunda atau gagal tiba karena hujan lebat.

Coupang Wow, layanan pengiriman sameday dari raksasa e-commerce Coupang, juga terkena dampak. Beberapa barang yang dijadwalkan tiba pada Senin harus ditunda hingga Selasa dini hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

seoul korsel banjir
Editor : Aprianto Cahyo Nugroho
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top