Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Jadi Buronan KPK, Mardani Maming Protes: Saya Sudah Kirim Surat Kehadiran

Maming memprotes soal statusnya sebagai buron KPK karena telah mengirimi surat, yang isinya akan memenuhi panggilan pada hari ini.
Setyo Aji Harjanto
Setyo Aji Harjanto - Bisnis.com 28 Juli 2022  |  14:35 WIB
Jadi Buronan KPK, Mardani Maming Protes: Saya Sudah Kirim Surat Kehadiran
Maming memprotes soal statusnya sebagai buron KPK karena telah mengirimi surat, yang isinya akan memenuhi panggilan pada hari ini. Mardani Maming tiba di kantor Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Kamis (28/7/2022). JIBI - Bisnis/Setyo Aji Harjanto
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Bendahara Umum PBNU Mardani H. Maming memenuhi panggilan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Kamis (28/7/2022). Dia akan diperiksa sebagai tersangka kasus suap izin usaha pertambangan (IUP) Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan.

Saat tiba di KPK Maming memprotes soal statusnya sebagai buron korps antirasuah. Padahal, kata Maming, dia sudah mengirimkan surat yang isinya akan memenuhi panggilan pada Kamis (28/7/2022).

"Hari Selasa saya dinyatakan DPO, padahal saya dan kuasa hukum sudah mengirimkan surat dan akan hadir bersama kuasa hukum pada 28 Juli," kata Maming, di Jakarta, Kamis (28/7/2022).

Berdasarkan pantauan Bisnis, Maming tiba di KPK pada 14.00 WIB. Dia didampingi Kuasa Hukumnya Denny Indrayana. Maming datang dengan mengenakan jaket biru, celana hitam, dan sepatu hitam.

Sebelumnya, Bendahara Umum PBNU Mardani H. Maming memastikan akan datang ke KPK, untuk diperiksa sebagai tersangka kasus suap dan gratifikasi IUP Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan.

Hal tersebut disampaikan dalam keterangan resmi Kuasa Hukum Maming, Denny Indrayana Kamis (28/7/2022). Maming merupakan tersangka dalam perakara IUP Tanah Bumbu. Dia juga kalah dalam gugatan praperadilan melawan KPK.

"Sesuai janji di surat yang telah kami kirimkan ke KPK pada hari senin yang lalu, dapat kami sampaikan bahwa klien kami, Mardani H Maming akan datang ke KPK pada Kamis, 28 Juli 2022," kata Denny.

Denny memastikan kliennya siap untuk kooperatif menghadapi proses hukum selanjutnya.

"Dan tetap berikhtiar maksimal, sambil tak putus berdoa, untuk mendapatkan keadilan yang hakiki, keadilan yang sebenar-benarnya," imbuhnya.

Adapun, KPK menetapkan Maming sebagai buron atau masuk Daftar Pencarian Orang (DPO) lantaran dianggap tak kooperatif saat dipanggil sebagai tersangka dalam perkara IUP Tanah Bumbu. 

Namun, tim kuasa hukum Maming, Bambang Widjojanto balik menuding KPK menyembunyikan informasi berupa surat keterangan yang menyatakan akan kooperatif memenuhi panggilan pada Kamis (28/7/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Mardani Maming KPK kasus suap
Editor : Aprianus Doni Tolok
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top