Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Update Perang Rusia vs Ukriana: Zelensky Sebut Putin Ingkar Janji

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky sebut Vladimir Putin ingkar janji. Simak update perang Rusia vs Ukraina hari ini.
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mendatangi wilayah Kharkiv yang telah hancur diserang pasukan Rusia/The Moscow Times
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mendatangi wilayah Kharkiv yang telah hancur diserang pasukan Rusia/The Moscow Times

Bisnis.com, JAKARTA - Perang Rusia vs Ukraina sudah memasuki hari ke-151 sejak awal invasi. Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menyebut Presiden Rusia Vladimir Putin ingkat janji setelah menyerang pelabuhan Odesa dengan rudal jarak jauh.

Diketahui, Rusia dan Ukraina menandatangani kesepakatan penting untuk membuka kembali pelabuhan Laut Hitam untuk ekspor biji-bijian dari Ukraina. Hal ini untuk mengatasi krisis pangan internasional yang diperparah oleh invasi Rusia dapat diredakan. Namun, Rusia malah berbalik menyerang pelabuhan Odesa dan membuat tercorengnya kesepakatan ini.

Selain kejadian tersebut, terdapat beberapa peristiwa yang terjadi pada hari ke-151 perang Rusia dan Ukraina seperti dari The Guardian, Minggu (24/7/2022). 

Update Perang Rusia vs Ukraina hari ke-151

Volodymyr Zelensky Cap Rusia Ingkar Janji

Presiden Zelenksy menganggap kesepakatan Rusia dan Ukraina menjadi sia-sia setelah serangan yang dilakukan oleh Rusia ke pelabuhan Odesa. Dirinya menyebut bahwa dengan serangan yang lancarkann ini membuat Ukraina mencap bahwa Rusia tidak menepati janji yang ada di kesepakatan awal mengenai pembukaan kembali pelabuhan di Laut Hitam.

Menlu AS Kutuk Serangan Rusia Ke Odesa

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Anthony Blinken buka suara mengenai serangan Rusia ke Odesa pada hari ini. Dirinya mengutuk keras serangan Rusia di pelabuhan Odesa hari ini.

Blinken menganggap hal ini merusak upaya untuk membawa makanan kepada yang lapar dan kredibilitas komitmen Rusia terhadap kesepakatan yang diselesaikan kemarin untuk memungkinkan ekspor Ukraina.

Rusia Tahan 170 Orang di Zaporizhizhia

Gubernur Zaporizhizhia mengatakan bahwa pasaukan Rusia telah menahan 170 orang di daerah kekuasaan dirinya. Menurut gubernur, Oleksandr Starukh, pasukan Rusia telah menculik setidaknya 415 orang di wilayah selatan sejak 24 Februari sampai hari ini dan setidaknya masih ada 170 orang yang ditahan.

Jutaan Pengungsi Ukraina Dapat Perlindungan

United Nations High Commissioner for Refugees (UNHCR) mengatakan bahwa ada sekitar 3,7 juta warga Ukraina telah mendaftar untuk Perlindungan Sementara atau skema perlindungan nasional serupa di Eropa.

Jerman Tunda Bantuan Senjata ke Ukraina

Salah satu pejabat Ukraina telah melaporkan bahwa aplikasi Ukraina untuk sebelas sistem pertahanan rudal udara IRIS-T saat ini sedang ditahan oleh Dewan Keamanan Federal Jerman. Hal ini membuat bantuan peralatan perang dari Jerman tertunda.

PM Hungaria Deklarasikan Pembicaraan Damai Rusia dan AS

Perdana Menteri nasionalis Hongaria Viktor Orbán menyerukan pembicaraan damai AS-Rusia untuk mengakhiri perang di Ukraina. Hal ini dilakukan karena menurut Orbanm, perang antara Rusia dan Ukraina akan membuat semakin lebar dan mengancam kestabilan di Eropa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper