Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Datangi KSP, Seniman Usulkan Jokowi Jadi Bapak Wayang Indonesia

Seniman wayang usulkan Presiden Jokowi menjadi Bapak Wayang Indonesia.
Seniman wayang usulkan Presiden Jokowi menjadi Bapak Wayang Indonesia. Ilustrasi/Jibiphoto-Sunaryo Haryo Bayu
Seniman wayang usulkan Presiden Jokowi menjadi Bapak Wayang Indonesia. Ilustrasi/Jibiphoto-Sunaryo Haryo Bayu

Bisnis.com, JAKARTA - Seniman wayang Indonesia mengusulkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi Bapak Wayang Indonesia.

Usulan tersebut diampaikan pengurus sejumlah organisasi pewayangan Indonesia, saat audensi dengan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, di gedung Bina Graha Jakarta, Kamis (21/7/2022).

Ketua Persatuan Pedalangan Indonesia (PEPADI) Tumiyono mengatakan bahwa usulan Presiden Jokowi sebagai Bapak Wayang Indonesia merupakan bentuk penghargaan kepada Presiden, karena telah memberikan perhatian besar terhadap seni wayang, yakni penetapan tanggal 7 November sebagai Hari Wayang Nasional. 

"Keluarnya Kepres Nomor 30/2018 tentang hari wayang nasional membuat wayang mendapat tempat terhormat. Sebagai bentuk penghargaan kami kepada bapak Presiden, kami mengusulkan beliau sebagai bapak wayang Indonesia," kata Tumiyono, dikutip melalui keterangan resmi, Jumat (22/7/2022).

Pada kesempatan itu, Tumiyono juga mengungkapkan kondisi seniman wayang. Selama pandemi Covid-19 berlangsung, kehidupan seniman nyaris tidak memiliki pendapatan karena agenda manggung tidak berjalan.

"Selama dua tahun, seniman wayang, dalang, sepi job," kata Tumiyono.

Menanggapi hal itu, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko memastikan, pemerintah tidak lepas tangan dan tetap memperhatikan kondisi para seniman, terutama seniman wayang kulit dan orang. Moeldoko menegaskan bahwa pemerintah menyiapkan jaring pengaman sosial bagi masyarakat terimbas pandemi, termasuk seniman wayang. 

"Dalam rapat kabinet, Presiden menekankan pentingnya jaring pengaman sosial untuk seniman, agar tetap terus berkreasi di tengah berbagai keterbatasan akibat pandemi," tegas Moeldoko.

Panglima TNI 2013-2015 ini juga berpesan, agar seniman untuk menjaga keberlanjutan kesenian wayang sehingga bisa dinikmati oleh generasi-generasi mendatang. Selain itu, perlu ada inovasi dengan menghadirkan sisi hiburan tanpa mengurangi pakem-pakem seni wayang.

"Sekarang itu lagu-lagu jawa banyak diminati dan viral. Saya harap, kesenian wayang juga bisa menampilkan sisi hiburannya dan mengikuti pasar, tentunya tanpa meninggalkan nilai-nilai wayang itu sendiri," pesan Moeldoko.

Dia juga berjanji akan menyampaikan usulan menjadikan Presiden Jokowi sebagai Bapak Wayang Indonesia kepada pihak terkait. 

Sekadar informasi, hadir dalam Audensi, pengurus dari Persatuan Pedalangan Indonesia (PEPADI), Sekretariat Nasional Wayang Indonesia (SENAWANGI), Asean Pupettry Association, dan Union Internationale de la Marionnette (UNIMA) Indonesia, Persatuan Wayang Orang Indonesia (PEWANGI).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper