Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Character Matters Indonesia Ajarkan Pendidikan Karakter Melalui CMI Mengajar

Character Matters Indonesia berikan pendidikan karakter anak dalam kegiataan CMI Mengajar.
Restu Wahyuning Asih
Restu Wahyuning Asih - Bisnis.com 20 Juli 2022  |  16:09 WIB
Character Matters Indonesia Ajarkan Pendidikan Karakter Melalui CMI Mengajar
Kegiatan CMI Mengajar yang dilakukan oleh Character Matters Indonesia pada Mei-Juni 2022 - humas Character Matters Indonesia
Bagikan

Bisnis.com, SOLO - Character Matters Indonesia (CMI) kembali menyelenggarakan kegiatan CMI Mengajar pada bulan Mei hingga Juni 2022.

CMI yang bergerak di bidang pendidikan karakter, memberikan pembelajaran terkait pendidikan karakter bagi anak-anak marjinal dengan metode yang kreatif dan menyenangkan.

Dalam kesempatan kali ini, CMI bekerja sama dengan Indonesian Street Children Organization (ISCO) Foundation dalam menyelenggarakan CMI Mengajar.

Kegiatan mengajar ini bersifat hybrid, dimana penyampaian materi dilakukan secara daring dan pelaksanaan aktivitas dilakukan secara tatap muka secara langsung di lapangan atau sanggar.

Program berlangsung di dua tempat yang berbeda yaitu Sanggar Cipinang Besar Utara (CBU) dan Cipinang Besar Selatan (CBS) selama empat hari, yakni pada tanggal 14, 21, 28 Mei, dan 11 Juni 2022.

Setidaknya terdapat 17 anak-anak Sekolah Dasar dari kelas tiga hingga lima yang berpartisipasi dalam program ini.

Berbeda dengan tema sebelumnya, tema besar yang diangkat pada program CMI Mengajar tahun ini adalah "Cinta Tanah Air".

Dalam menanamkan karakter, peserta didik akan diajarkan mengenai pancasila, pahlawan, dan keberagaman Indonesia.

Kegiatan dibuka dengan perkenalan oleh kakak-kakak Character Matters Indonesia dan adik-adik ISCO di dalam break out room bersama fasilitator masing-masing kelompok.

Fasilitator melakukan perkenalan dengan menanyakan nama, hobi, dan lain halnya agar menjadi dekat satu sama lain, serta memudahkan Fasilitator untuk berkomunikasi dan berinteraksi pada kegiatan di hari berikutnya.

Pada hari kedua, peserta didik diajarkan mengenai sila-sila yang ada dalam pancasila secara satu per-satu. Dengan harapan dapat menerapkan nilai-nilai tersebut di kehidupan sehari-hari.

Tokoh-tokoh pahlawan Indonesia pun dikenalkan oleh CMI kepada anak-anak ini. Kemudian ada juga materi mengenai keragaman adat dan budaya di Indonesia serta cara melestarikannya.

Selesai kegiataan, CMI turut memberikan covid care kit berupa masker dan hand sanitizer serta goodie bag yang berisikan peralatan sekolah seperti buku tulis, buku gambar, pensil, pena, dan penghapus untuk menunjang selama proses pembelajaran berlangsung.

Melalui kegiataan ini, CMI berharap adanya pembentukan karakter baik. Khususnya karakter cinta tanah air serta adanya peningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pendidikan karakter sejak usia dini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Character Matters Indonesia pendidikan pendidikan anak pancasila
Editor : Restu Wahyuning Asih
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top