Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BMKG Ungkap Penyebab Gempa Magnitudo 5,3 di Pacitan

Gempa magnitudo 5,2 di Pacitan dirasakan di Kulon progo, Bantul, Wonogiri, Gunungkidul, Pacitan,cilacap, Karangkates, Nganjuk, Blitar, Trenggalek, Klaten, Karanganyar II-III MMI ,Lumajang, Madiun II MMI.
Gempa bumi berkekuatan 5,3 terjadi di Pacitan, Minggu 12 Juni 2022/Reuters
Gempa bumi berkekuatan 5,3 terjadi di Pacitan, Minggu 12 Juni 2022/Reuters

Bisnis.com JAKARTA - Gempa berkekuatan magnitudo 5,3, mengguncang Pacitan Jawa Timur pada 12 Juni 2022 pukul 06:55:32 WIB.

Adapun lokasi gempa yakni 8.67 LS,111.42 BT (64 km Tenggara PACITAN), dengan kedalaman 79 Km.

Gempa ini dirasakan di Kulon progo, Bantul, Wonogiri, Gunungkidul, Pacitan,cilacap, Karangkates, Nganjuk, Blitar, Trenggalek, Klaten, Karanganyar II-III MMI ,Lumajang, Madiun II MMI.

Koordinator Bidang Mitigasi Gempabumi dan Tsunami - BMKG Daryono mengatakan gempa ini dipicu oleh adanya deformasi batuan dalam Lempeng Indo-Australia yang tersubduksi ke bawah Pulau Jawa di Zona Benioff.

"Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa ini memiliki parameter update dengan magnitudo 5,2. Episenter di laut pada jarak 23 Km arah Selatan Munjungan, Trenggalek, Jawa Timur dengan kedalaman 103 km," tulisnya di akun twitternya.

Menurutnya, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa selatan Jatim Mag. 5,2 pagi ini merupakan jenis gempa menengah akibat adanya aktivitas deformasi batuan dalam Lempeng Indo-Australia yang tersubduksi ke bawah Pulau Jawa di Zona Benioff.

Selain itu, katanya, hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa memiliki mekanisme pergerakan kombinasi geser miring (strike-slip - oblique).

Tapi, dari hasil pemodelan, menunjukkan bahwa gempa ini tidak berpotensi tsunami, karena magnitudonya yang relatif kecil dengan kedalaman menengah maka tidak mneyebabkan gangguan kolom air laut.

Hingga pukul 07.25 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa susulan ( aftershock ) pasca gempa selatan Jawa Timur Mag.5,2.

Meski demikian, lanjutnya, episenter gempa ini dekat dengan gempa kuat Pulau Jawa yang merusak pada tahun 1867, 1896, 1937, dan 1962.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper