Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Wapres Minta Perguruan Tinggi Jadi Ekosistem Belajar yang Kreatif dan Inovatif

Wakil Presiden (Wapres) RI Ma’ruf Amin menilai perguruan tinggi dituntut tidak hanya memiliki standar internasional, tetapi juga harus berperan aktif dalam pengembangan IPTEK.
Wakil Presiden Maruf Amin di kediaman resmi wapres di Jakarta, Jumat (3/12/2021)./Antara
Wakil Presiden Maruf Amin di kediaman resmi wapres di Jakarta, Jumat (3/12/2021)./Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Wakil Presiden (Wapres) RI Ma’ruf Amin menilai seiring dengan pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK), tantangan yang dihadapi perguruan tinggi dalam mencetak sumber daya manusia (SDM) unggul juga makin berat.

Menurutnya, perguruan tinggi dituntut tidak hanya memiliki standar internasional, tetapi juga harus berperan aktif dalam pengembangan IPTEK, pengelolaan sumber daya alam, dan peningkatan kualitas SDM seutuhnya.

Untuk menghadapi berbagai tantangan tersebut, dia melanjutkan perguruan tinggi harus benar-benar menjadi ekosistem belajar yang kreatif dan inovatif baik untuk dosen maupun mahasiswanya.

"Salah satu kuncinya adalah harus mampu menghadirkan ekosistem pendidikan yang membuat gagasan-gagasan kreatif dan inovatif, baik dari dosen maupun mahasiswa, dapat terus berkembang secara produktif," katanya dikutip melalui laman wapres, Minggu (5/6/2022).

Selain itu, Wapres menekankan, kolaborasi riset dan teknologi juga harus terus diperluas dengan menggandeng berbagai pemangku kepentingan, baik pemerintah, industri, lembaga riset, maupun elemen masyarakat lainnya.

"Penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi mutlak diperlukan, tetapi jangan sampai tidak diimbangi dengan penguasaan iman dan taqwa (imtaq). Keduanya harus senantiasa berjalan selaras dan saling melengkapi," pesannya.

Lebih jauh, Ma’ruf meyakini bahwa kemajemukan bangsa Indonesia dewasa ini makin diuji dengan timbulnya riak-riak dari aksi segelintir kelompok dengan menyebarkan paham-paham yang dapat merusak tatanan kehidupan bangsa yang berlandaskan Pancasila.

"Untuk itu, mari kita jadikan Pancasila layaknya bintang penerang, sehingga kita akan mampu melalui berbagai tantangan dan ujian di tengah cita-cita mewujudkan kemajuan dan kemandirian bangsa ini," pungkas Ma’ruf.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Editor : Farid Firdaus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper