Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jokowi ke Surabaya, Beri Arahan Ini ke Para Rektor se-Indonesia

Jokowi menghadiri Konvensi Kampus XXIX dan Temu Tahunan XXV Forum Rektor Indonesia (FRI) 2024 dan menyatakan pentingnya SDM unggul menyambut bonus demografi
Jokowi ke Surabaya, Beri Arahan Ini ke Para Rektor se-Indonesia. Presiden Jokowi saat menyampaikan kuliah umum yang diikuti oleh hampir 500 peserta yang terdiri dari akademisi hingga mahasiswa di Gaston Hall, Gedung Healy, Georgetown University, Washington DC, Amerika Serikat, pada Senin, 13 November 2023.  / Setpres - Laily Rachev
Jokowi ke Surabaya, Beri Arahan Ini ke Para Rektor se-Indonesia. Presiden Jokowi saat menyampaikan kuliah umum yang diikuti oleh hampir 500 peserta yang terdiri dari akademisi hingga mahasiswa di Gaston Hall, Gedung Healy, Georgetown University, Washington DC, Amerika Serikat, pada Senin, 13 November 2023. / Setpres - Laily Rachev

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri Konvensi Kampus XXIX dan Temu Tahunan XXV Forum Rektor Indonesia (FRI) 2024 di Graha Universitas Negeri Surabaya (Unesa) kampus Lidah Wedan pada hari ini, Senin (15/1/2023).

"Saya membuka acara yang digelar dua hari tersebut, dan memberikan pengarahan penting kepada seluruh jajaran rektor atau pimpinan perguruan tinggi negeri dan swasta se-Indonesia," ujarnya dikutip dari keterangan resmi.

Adapun, forum tahunan kali ini bertema 'Peran Perguruan Tinggi dalam Mewujudkan Sumber Daya Manusia Unggul, Inovatif, dan Adaptif Menuju Indonesia Emas 2045'.

Kepala Negara menyebut perkembangan dinamika global semakin penuh ketidakpastian sehingga perguruan tinggi perlu merumuskan navigasi ketidakpastian politik global, untuk mengharmonisasikan strategi pembangunan yang berorientasi pada manusia, dan budaya Indonesia.

Jokowi menceritakan lawatannya ke Amerika Serikat (AS) pada bulan lalu. Dalam kunjungannya ke AS, Jokowi berkesempatan mengunjungi dua perguruan tinggi. Di sana, mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengaku terkejut karena separuh mahasiswa berasal dari China dan India.

"Inilah yang menyebabkan China melompat maju di 20 tahun terakhir, melampaui negara-negara yang sudah maju," ujarnya dikutip dari YouTube Setpres.

Jokowi pun mendorong perguruan tinggi untuk segera menyiapkan sumber daya manusia (SDM) Indonesia untuk menyambut bonus demografi 5-10 tahun mendatang. Dia menekankan kekayaan alam Indonesia yang harus dikelola dengan baik agar bisa memberikan nilai tambah maksimal bagi rakyat.

Menurutnya, sumber daya alam yang melimpah tidak cukup untuk menjadikan Indonesia negara maju, tetapi SDM dan iptek berkualitas.

"Keduanya menjadi tugas penting lembaga pendidikan tinggi kita. Tugas para dosen, rektor, dan kita semua," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper