Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jokowi Dorong Generasi Muda Kuasai Iptek

Jokowi  berpesan agar generasi muda Indonesia menjadi generasi yang tangguh yang mampu menguasai iptek dan berbudi luhur.
Presiden Joko Widod  berpesan agar generasi muda Indonesia menjadi generasi yang tangguh yang mampu menguasai perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) serta memiliki budi pekerti yang luhur. Presiden menyampaikan hal itu saat membuka Muktamar XXIII Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) tahun 2023 di Kabupaten Deli Serdang, Sumatra Utara, Sabtu (19/8/2023) siang./Instagram @jokowi
Presiden Joko Widod berpesan agar generasi muda Indonesia menjadi generasi yang tangguh yang mampu menguasai perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) serta memiliki budi pekerti yang luhur. Presiden menyampaikan hal itu saat membuka Muktamar XXIII Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) tahun 2023 di Kabupaten Deli Serdang, Sumatra Utara, Sabtu (19/8/2023) siang./Instagram @jokowi

Bisnis.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo atau Jokowi  berpesan agar generasi muda Indonesia menjadi generasi yang tangguh yang mampu menguasai perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) serta memiliki budi pekerti yang luhur.

Jokowi menyampaikan hal itu saat membuka Muktamar XXIII Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) tahun 2023 di Kabupaten Deli Serdang, Sumatra Utara, Sabtu (19/8/2023) siang.

Jokowi berpesan agar generasi muda beradaptasi dan memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) secara tepat bagi kesejahteraan umat.

“Pesan saya, pelajari, kuasai, dan kembangkan [iptek] dan manfaatkan semuanya untuk kesejahteraan umat, sehingga saudara-saudara bisa menjadi generasi tangguh yang bukan hanya menguasai iptek, tapi juga memiliki budi pekerti luhur, memiliki moral yang baik, serta memperjuangkan kebenaran dan kemanusiaan,” ujar Presiden.

Jokowi mengatakan, saat ini dunia memang tengah dilanda disrupsi teknologi, utamanya teknologi digital.

“Apa-apa serba digital, mau lihat menu di restoran digital lewat QR code, mau belanja juga digital lewat marketplace, mau pesan kendaraan juga lewat digital lewat aplikasi, mau bayar juga lewat digital yaitu lewat QRIS. Makanya, yang namanya smartphone, yang namanya HP itu jadi sangat penting saat ini,” ujarnya dikutip dari Setkab.go.id.

Presiden menyebut bahwa perkembangan pesat teknologi digital juga telah melahirkan teknologi kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) yang dipercanggih dengan fitur generatif AI yang memiliki kemampuan untuk menghasilkan produk digital berdasarkan data yang dipelajari.

“Contohnya, saya kira kita semua tahu, ChatGPT. Kita tanya apapun dia bisa jawab, bisa disuruh melakukan analisis bisa, bisa disuruh menyiapkan materi dia bisa, ngerjain tugas, ngerjain makalah, ngerjain skripsi, dia bisa,” ujarnya.

Presiden pun berharap kader IPM mampu menjadi sosok yang dapat menjadi contoh teladan generasi muslim yang berkemajuan serta berbudi pekerti.

“Saya harapkan pelajar Muhammadiyah dapat menjadi teladan, menjadi generasi muda muslim yang berkemajuan, yang penguasaan ipteknya hebat, sekaligus memiliki moral, memiliki budi pekerti, memiliki mental juga yang hebat. Buat saya, itulah sosok pelajar Muhammadiyah idaman,” tandasnya.

Turut mendampingi Presiden dalam acara ini, antara lain, Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, Bupati Deli Serdang Ashari Tambunan, Wali Kota Medan Bobby Nasution, Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Haedar Nashir, serta Ketua Umum PP IPM Nashir Efendi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nancy Junita
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper