Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ditutup Besok! Link, Syarat dan Cara Pendaftaran Mahasiswa Baru Jalur Prestasi UI 2022

Penerimaan mahasiswa baru Universitas Indonesia (UI) melalui jalur prestasi akan ditutup pada besok, Sabtu (4/6/2022).
Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia./fk.ui.ac.id
Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia./fk.ui.ac.id

Bisnis.com, JAKARTA — Penerimaan mahasiswa baru Universitas Indonesia (UI) melalui jalur prestasi akan ditutup pada besok, Sabtu (4/6/2022).

Adapun, jalur penerimaan tersebut telah melayani calon peserta sejak 12 Mei 2022.

Sesuai dengan namanya, yakni jalur prestasi, seleksi penerimaan mahasiswa baru tersebut dikhususkan untuk siswa siswi berprestasi yang akan lulus pada 2022.

UI menegaskan bahwa dalam pelaksanaannya, seleksi ini tidak memungut biaya kepada peserta jalur prestasi.

“Prestasi yang diperhitungkan dalam proses seleksi adalah minimal juara tiga atau peraih medali perunggu di kompetisi tingkat nasional dan internasional yang diperoleh saat peserta mengenyam pendidikan di SMA / sederajat (3 tahun terakhir),” tulis berita seleksi jalur prestasi untuk S1 UI, dikutip dari simak.ui.ac.id, Jumat (3/6/2022).

Lantas, apa saja persyaratan dan cara pendaftaran yang harus diketahui oleh calon peserta jalur prestasi untuk program sarjana UI?

Mengutip dari simak.ui.ac.id, berikut syarat pendaftaran jalur prestasi UI tahun 2022.

1. Pendaftar merupakan siswa tingkat akhir SMA/SMK/MA dan akan selambat-lambatnya lulus pada Juni 2022.

2. Bagi pendaftar dengan prestasi di bidang sains dan teknologi, diperkenankan untuk memilih program studi dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Fakultas Teknik (FT), dan Fakultas Ilmu Komputer (FASILKOM).

3. Bagi pendaftar dengan prestasi di bidang kesehatan, diperbolehkan untuk memilih program studi dari Fakultas Kedokteran (FK), Fakultas Kedokteran Gigi (FKG), Fakultas Ilmu Keperawatan (FIK), Fakultas Farmasi (FF), dan Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM).

4. Bagi pendaftar dengan prestasi di bidang ekonomi dan kewirausahaan diperkenankan untuk memilih program studi dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), serta Fakultas Ilmu Administrasi (FIA).

5. Bagi pendaftar dengan prestasi di bidang seni, bahasa, literasi, dan keagamaan diperkenankan untuk memilih program studi dari Fakultas Ilmu Budaya (FIB), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Fakultas Hukum (FH), serta Fakultas Psikologi.

6. Memenuhi persyaratan kesehatan yang ditetapkan oleh program studi.

7. Pendaftar diwajibkan untuk mengunggah pindai rapor, dimulai dari data diri, nilai pengetahuan dari semester satu hingga semester lima, dan sertifikat bukti prestasi dalam bentuk pdf dengan besar maksimal 2 MB.

Cara Pendaftaran

1. Pendaftar membuat akun di laman https://penerimaan.ui.ac.id/.

2. Peserta diminta untuk mengunggah foto berwarna terbaru berukuran min. 400x600 pixel.

3. Pilih menu pendaftaran, kemudian peserta diminta untuk mengisi formulir pendaftaran secara online.

4. Peserta mengunggah scan rapor (data diri dan nilai pengetahuan) serta sertifikat bukti prestasi yang dicapai dalam bentuk PDF ke akun pendaftaran.

5. Peserta mengunggah scan rapor (data diri dan nilai pengetahuan) dan sertifikat bukti prestasi yang dicapai dalam bentuk PDF ke akun pendaftaran.

6. Klik verifikasi pendaftaran. Pendaftaran selesai.

7. Kartu tanda peserta dapat diunduh sesuai jadwal tertera.

8. Setelah mencetak kartu tanda peserta, akan dilakukan tahap wawancara yang dikoordinasikan oleh program studi yang dituju oleh calon peserta.

9. Pengumuman peserta yang diterima akan diumumkan sesuai tanggal yang telah ditetapkan pada jadwal kegiatan. Peserta dapat melihat hasil pengumuman setelah login dengan account yang telah dibuat.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper