Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Seleksi Mandiri ITB 2022: Berikut Jadwal, Syarat dan Biaya Pendaftaran

Institut Teknologi Bandung (ITB) telah menjadwalkan pembukaan seleksi mandiri (SM) ITB pada 6 Juni mendatang.
Szalma Fatimarahma
Szalma Fatimarahma - Bisnis.com 25 Mei 2022  |  12:25 WIB
Institut Teknologi Bandung (ITB). - Istimewa
Institut Teknologi Bandung (ITB). - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Institut Teknologi Bandung (ITB) telah menjadwalkan pembukaan seleksi mandiri (SM) ITB pada 6 Juni mendatang. Adapun SM ITB akan diselenggarakan hingga 29 Juni 2022.

Dalam pelaksanaannya, ITB melakukan seleksi bagi peserta melalui nilai rapor dan nilai UTBK.

Sementara itu, khusus bagi pendaftar Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD), ITB juga akan melaksanakan tes kemampuan seni rupa secara luring.

“Khusus bagi pendaftar FSRD, selain berdasarkan nilai rapor dan nilai UTBK, seleksi juga mempertimbangkan hasil tes kemampuan seni rupa,” tulis berita seleksi mandiri ITB, dikutip dari admission.itb.ac.id, Rabu (25/5/2022).

Lantas, apa saja persyaratan, cara, dan besaran biaya yang harus diketahui oleh calon peserta SM-ITB? Mengutip dari admission.itb.ac.id, berikut informasi lengkap terkait syarat, cara, dan biaya pendaftaran SM-ITB 2022:

Syarat Pendaftaran

1. Peserta SM-ITB 2022 merupakan lulusan 2020, 2021, atau 2022.

2. Peserta SM-ITB diwajibkan untuk memiliki nilai UTBK SBMPTN 2022.

3. Tidak pernah tercatat sebagai mahasiswa program sarjana (S1) ITB.

4. Tidak diterima sebagai calon mahasiswa ITB melalui jalur seleksi SNMPTN, SBMPTN ataupun seleksi program Sarjana-Internasional ITB 2022.

5. Lulusan tahun 2020 dan 2021 dapat mendaftar SM-ITB 2022 dengan syarat memiliki nilai UTBK SBMPTN 2022.

Peserta SM-ITB 2022 dapat memilih hingga maksimal 3 pilihan fakultas/sekolah/program studi yang disediakan ITB. 

Melalui seleksi mandiri ini, peserta yang memiliki hasil UTBK 2022 kelompok Saintek dapat mendaftarkan diri ke beberapa fakultas/sekolah, di antaranya Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian (FITB), Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan (FTTM), Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan (FTSL), Fakultas Teknologi Industri (FTI), Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara (FTMD), Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati (SITH), Sekolah Farmasi (SF), Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI), dan Sekolah Arsitektur, Perencanaan, dan Pengembangan Kebijakan (SAPPK).

Sementara itu, terdapat fakultas dan sekolah yang dapat dipilih oleh peserta dengan hasil UTBK kelompok Saintek, Soshum, maupun campuran. Fakultas/sekolah tersebut antara lain adalah Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD), Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM), serta Desain Komunikasi Visual (DKV).

Cara Pendaftaran

1. Calon peserta dapat melakukan pendaftaran SM-ITB secara online melalui laman sm.admission.itb.ac.id

2. Melakukan pendaftaran diri dengan memasukkan nama lengkap (sesuai akta kelahiran), NISN, NPSN, dan alamat e-mail aktif.

3. Mengisikan data pribadi dan asal sekolah yang sesuai dengan keadaan sebenarnya.

4. Mengisikan nilai rapor dan mengunggah hasil pindai rapor asli semester satu hingga semester enam. Hasil pindai rapor kemudian diunggah dalam 1 file format pdf, dengan ukuran maksimun 5 Mb.

5. Mengisi nomor peserta dan menggunggah kartu peserta UTBK 2022.

6. Memilih fakultas/sekolah/program studi yang dituju, sesuai dengan jurusan asal sekolah dan kelompok UTBK yang diikuti.

7. Mengunggah hasil pindai akta kelahiran asli dalam format pdf.

8. Mengunggah hasil pindai bukti kelulusan SMA, dengan ketentuan sebagai berikut:

a. Bagi lulusan 2020 dan 2021, diwajibkan untuk mengunggah hasil pindai ijazah asli dalam format pdf dengan ukuran maksimum sebesar 1 Mb.

b. Bagi lulusan 2022, mengunggah hasil pindai surat keterangan lulus/surat keterangan hasil ujian nasional yang dilengkapi dengan foto calon peserta, dalam format pdf maksimum 1 Mb.

9. Bagi calon peserta yang mendaftarkan diri ke FTTM, FSRD, FTI, FMIPA, FITB, FTI, sekolah farmasi, dan sekolah ilmu dan rekayasa hayati, diwajibkan untuk mengunggah surat keterangan bebas buta warna dari dokter spesialis mata, yang dilengkapi dengan pas foto calon peserta yang terkena cap rumah sakit/klinik.

10. Melakukan pembayaran biaya pendaftaran

11. Melakukan finalisasi pendaftaran dan pencetakan kartu peserta SM-ITB.

Biaya Pendaftaran SM-ITB 2022

1. Bagi pendaftar yang bukan merupakan pemilik Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K), dikenakan biaya pendaftaran sebesar Rp500.000 yang termasuk biaya pelaksanaan ujian menggambar bagi calon mahasiswa baru yang memilih FSRD. 

2. Bagi pendaftar yang merupakan pemilik KIP-K atau calon peserta yang berasal dari SMA/MA di wilayah 3T, ITB membebaskan biaya pendaftaran dalam SM-ITB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

itb seleksi mandiri perguruan tinggi negeri UTBK
Editor : Nancy Junita

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top