Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Perang Rusia-Ukraina Hari ke-95: Situasi Memburuk di Donbask

Serangan Rusia ke Ukraina sudah memasuki hari ke-95 per 29 Mei 2022. Berikut ini informasi terkininya
Lukman Nur Hakim
Lukman Nur Hakim - Bisnis.com 29 Mei 2022  |  16:13 WIB
Truk pengakut personel militer dalam operasi militer khusus Rusia di Ukraina yang dimulai pada 24 Februari. - Antara\r\n\r\n
Truk pengakut personel militer dalam operasi militer khusus Rusia di Ukraina yang dimulai pada 24 Februari. - Antara\\r\\n\\r\\n

Bisnis.com, JAKARTA - Serangan Rusia ke Ukraina sudah memasuki hari ke-95 per 29 Mei 2022. Pada hari ini, komando militer Ukraina mengakui situasi yang memburuk di Donbas dan mengisyaratkan kemungkinan penarikan pasukan Ukraina dari daerah Sievierodonetsk dan Lysychansk untuk menghindari pengepungan.

Dalam laporan lain, pasukan Rusia perlahan tapi pasti mendorong ke arah Lysychansk dan Bakhmut, tetapi tetap tidak berhasil di semua garis depan di wilayah lainnya.

Selain kejadian tersebut, ada beberapa situasi terbaru yang terjadi di wilayah Ukraina. Dilansir dari Militaryland, Minggu (29/5/22) berikut situasi militer di wilayah Ukraina.

Kharkiv

Di Kharkiv, setelah jalur kereta api pada beberapa hari lalu masih terbengkalai akaibat serangan Ukraina. Pada hari ini, tentara Rusia sedang memperbaiki kembali sambungan kereta api ke Kupiansk untuk mempermudah pengiriman pasokan mereka dengan kereta api.

Donet Siverskyi

Pada hari ini, staf Ukraina melaporkan jika pada malam hari pasukan Rusia menembaki tentara Ukraina di Velyka Komyshuvakha. Serangan ini menegaskan pendudukan pasukan Ukraina atas kota tersebut baru-baru ini.

Selain itu, Pasukan Rusia juga menyerang posisi Ukraina di Dovhenke dan Pasivka, tetapi tidak berhasil. Namun, Rusia berhasil di Lyman dan memaksa pasukan Ukraina mundur dari kota.

Dalam laporan lain, di Sievierodonetsk, Rusia menyerang pinggiran kota dari utara dan juga Borivske serta Oskolonivka di selatan. Pasukan Rusia telah merebut pinggiran timur Ustynivka dan perlahan-lahan bergerak maju di daerah Toshkivka.

Pasukan Ukraina melakukan serangan balik di daerah Nahirne dan mendorong pasukan Rusia sedikit menjauh dari jalan utama.

Di arah Bakhmut, pasukan Rusia merebut Midna Ruda dan mencapai pinggiran Klynove dan Vidrodrzhennya. Musuh juga menyerang posisi Ukraina di Novoluhanske dan berhasil sebagian.

Garis Depan Pryazovia

Pasukan Rusia berusaha untuk maju dan mendapatkan tanah baru di daerah Krasnohorivka, Avdiivka, Pisky dan Zolote Nyva Di Donetsk. Namun, semua serangan mereka berhasil diatasi.

Lalu, informasi lain menyebutkan, pasukan Ukraina melakukan serangan balik di perbatasan regional Oblast Donetsk dan Zaporizhzhia serta membebaskan pemukiman Novopil dan Novodarivka.

Smentara itu, tidak ada perubahan di kota Zaporizhzhia, situasi tetap sama dengan hari kemarin.

Garis Depan Selatan

Tidak ada perubahan di kota Mykolaiv, situasi tetap sama dengan hari kemarin, sedangkan di daerah Kherson, pasukan Ukraina berhasil mendorong pasukan Rusia ke seberang sungai Inhulets ke Bilohirka.

Selain itu, rekaman drone yang baru-baru ini dirilis menunjukkan bahwa pasukan Rusia berada dalam kendali penuh atas pemukiman Oleksandrivka di selatan.

Kemudian di daeah Dnipropetrovsk, tidak ada perubahan, situasi tetap sama dengan hari kemarin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

perang Rusia Ukraina Perang Rusia Ukraina
Editor : Aprianus Doni Tolok

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top