Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Perang Rusia-Ukraina Hari ke-95: Situasi Memburuk di Donbask

Serangan Rusia ke Ukraina sudah memasuki hari ke-95 per 29 Mei 2022. Berikut ini informasi terkininya
Truk pengakut personel militer dalam operasi militer khusus Rusia di Ukraina yang dimulai pada 24 Februari./Antararnrn
Truk pengakut personel militer dalam operasi militer khusus Rusia di Ukraina yang dimulai pada 24 Februari./Antararnrn

Bisnis.com, JAKARTA - Serangan Rusia ke Ukraina sudah memasuki hari ke-95 per 29 Mei 2022. Pada hari ini, komando militer Ukraina mengakui situasi yang memburuk di Donbas dan mengisyaratkan kemungkinan penarikan pasukan Ukraina dari daerah Sievierodonetsk dan Lysychansk untuk menghindari pengepungan.

Dalam laporan lain, pasukan Rusia perlahan tapi pasti mendorong ke arah Lysychansk dan Bakhmut, tetapi tetap tidak berhasil di semua garis depan di wilayah lainnya.

Selain kejadian tersebut, ada beberapa situasi terbaru yang terjadi di wilayah Ukraina. Dilansir dari Militaryland, Minggu (29/5/22) berikut situasi militer di wilayah Ukraina.

Kharkiv

Di Kharkiv, setelah jalur kereta api pada beberapa hari lalu masih terbengkalai akaibat serangan Ukraina. Pada hari ini, tentara Rusia sedang memperbaiki kembali sambungan kereta api ke Kupiansk untuk mempermudah pengiriman pasokan mereka dengan kereta api.

Donet Siverskyi

Pada hari ini, staf Ukraina melaporkan jika pada malam hari pasukan Rusia menembaki tentara Ukraina di Velyka Komyshuvakha. Serangan ini menegaskan pendudukan pasukan Ukraina atas kota tersebut baru-baru ini.

Selain itu, Pasukan Rusia juga menyerang posisi Ukraina di Dovhenke dan Pasivka, tetapi tidak berhasil. Namun, Rusia berhasil di Lyman dan memaksa pasukan Ukraina mundur dari kota.

Dalam laporan lain, di Sievierodonetsk, Rusia menyerang pinggiran kota dari utara dan juga Borivske serta Oskolonivka di selatan. Pasukan Rusia telah merebut pinggiran timur Ustynivka dan perlahan-lahan bergerak maju di daerah Toshkivka.

Pasukan Ukraina melakukan serangan balik di daerah Nahirne dan mendorong pasukan Rusia sedikit menjauh dari jalan utama.

Di arah Bakhmut, pasukan Rusia merebut Midna Ruda dan mencapai pinggiran Klynove dan Vidrodrzhennya. Musuh juga menyerang posisi Ukraina di Novoluhanske dan berhasil sebagian.

Garis Depan Pryazovia

Pasukan Rusia berusaha untuk maju dan mendapatkan tanah baru di daerah Krasnohorivka, Avdiivka, Pisky dan Zolote Nyva Di Donetsk. Namun, semua serangan mereka berhasil diatasi.

Lalu, informasi lain menyebutkan, pasukan Ukraina melakukan serangan balik di perbatasan regional Oblast Donetsk dan Zaporizhzhia serta membebaskan pemukiman Novopil dan Novodarivka.

Smentara itu, tidak ada perubahan di kota Zaporizhzhia, situasi tetap sama dengan hari kemarin.

Garis Depan Selatan

Tidak ada perubahan di kota Mykolaiv, situasi tetap sama dengan hari kemarin, sedangkan di daerah Kherson, pasukan Ukraina berhasil mendorong pasukan Rusia ke seberang sungai Inhulets ke Bilohirka.

Selain itu, rekaman drone yang baru-baru ini dirilis menunjukkan bahwa pasukan Rusia berada dalam kendali penuh atas pemukiman Oleksandrivka di selatan.

Kemudian di daeah Dnipropetrovsk, tidak ada perubahan, situasi tetap sama dengan hari kemarin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper