Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tren Tanaman Hias Naik, Wapres Ternyata Punya Koleksi Aglaonema!

Aglaonema, tanaman hias yang dimiliki Wapres ternyata memiliki potensi besar untuk terus dikembangkan guna mengisi pasar domestik hingga menjadi komoditas ekspor
Tanaman hias Aglaonema / hortikultura.pertanian.go.id
Tanaman hias Aglaonema / hortikultura.pertanian.go.id

Bisnis.com, JAKARTA - Wakil Presiden RI (Wapres) Ma'ruf Amin mengaku memiliki tanaman hias berjenis Aglaonema.

“Saya dan istri saya selalu merawat tanaman tersebut dengan baik,” katanya saat memberikan sambutannya dalam acara Pembukaan Kontes Nasional Aglaonema Nusantara melalui konferensi video, dikutip dari keterangan resmi, Minggu (29/5/2022).

Aglaonema atau yang dikenal sebagai Chinese Evergreen merupakan salah satu primadona tanaman hias dikalangan pehobi. Varietas ini berasal dari keluarga Aroid atau di Indonesia lebih dikenal dengan nama Sri Rejeki.

Tumbuhan ini tumbuh liar di hutan hujan subtropis Thailand, Malaysia, dan Indonesia dengan ciri khas daun yang berwarna cerah dan berpola mencolok, yang menjadikan tanaman ini dijuluki sebagai Si Ratu Daun oleh para penggiat tanaman. Tidak hanya enak untuk dipandang, tanaman ini juga tergolong untuk mudah dirawat, baik di luar maupun di dalam rumah.

Karakteristik dan ciri khas Aglaonema inilah menjadi daya tarik bagi para pencinta tanaman sehingga semakin banyak yang mengoleksi tanaman ini, termasuk Wapres  Ma’ruf Amin beserta Istrinya, Ibu Wury Ma’ruf Amin.

“Permintaan akan tanaman Aglaonema di tanah air terus meningkat. Di tempat tinggal saya juga ditanami tanaman Aglaonema, salah satunya jenis Donakarmen,” ungkap Wapres.

Lebih jauh Wapres menuturkan bahwa negara Indonesia merupakan salah satu dari negara di Asia yang memiliki spesies Aglaonema yang bervariasi, serta penghasil Aglaonema hybrid yang berkualitas.

“Aglaonema sangat potensial untuk dikembangkan di dalam negeri, terlebih dengan dukungan iklim tropis di Indonesia,” terangnya.

Namun, Wapres menyayangkan hingga saat ini bibit-bibit tanaman tersebut masih didatangkan dari luar negeri. Padahal, Wapres menilai, potensi bibit dari dalam negeri sangat memungkinkan apabila ada upaya-upaya untuk mengembangkannya.

Dia pun berharap agar ke depan, para petani Aglaonema dapat berkembang maju, sehingga kebutuhan setiap bulan, sekitar 600.000 pohon, yang saat ini masih impor dapat dipenuhi oleh para petani lokal.

Wapres juga mengajak kepada masyarakat untuk mengembangkan tanaman hias ini sehingga kebutuhan tanaman dalam negeri dapat terpenuhi.

“Mari kita majukan tanaman hias kita dengan memenuhi kebutuhan tanaman hias dari dalam negeri sendiri, bahkan justru kita yang harus mengekspor tanaman ini ke mancanegara,” pungkasnya.

Adapun, merawat tanaman hias menjadi tren baru setelah pandemi membatasi pergerakan masyarakat di luar rumah. Namun lebih dari itu, tanaman hias memberikan banyak manfaat bagi kesehatan dan kehidupan manusia, mulai dari perbaikan kualitas udara hingga meningkatkan produktivitas kerja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper