Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kabupaten Kediri Ekspor Kaktus ke Korsel

Kabupaten Kediri mengekspor kaktus ke Korea Selatan untuk mengisi kebutuhan tanaman hias yang tinggi di negara itu. n
Sri Mas Sari
Sri Mas Sari - Bisnis.com 27 Mei 2016  |  19:32 WIB
Presiden Joko Widodo (kiri) berjalan bersama Presiden Korea Selatan Park Geun-hye. Korsel salah satu pasar kaktus  asal Kediri, Indonesia. - REUTERS/Kim Min Hee
Presiden Joko Widodo (kiri) berjalan bersama Presiden Korea Selatan Park Geun-hye. Korsel salah satu pasar kaktus asal Kediri, Indonesia. - REUTERS/Kim Min Hee
Bisnis.com, KEDIRI - Kabupaten Kediri mengekspor kaktus ke Korea Selatan untuk mengisi kebutuhan tanaman hias yang tinggi di negara itu. 
 
Mengutip siaran pers Pemkab Kediri, Jumat (27/5/2016), ekspor kaktus itu dilakukan oleh  warga dari Desa Ngancar, Kecamatan Ngancar, sejak 1,5 tahun lalu. Selain kaktus, ketiga pengusaha itu mengapalkan pula tanaman puring dan kedondong laut. Setidaknya Rp65 juta per bulan dikantongi oleh ketiga pengusaha tersebut. 
 
"Taman di Korea Selatan setiap datang musim dingin, tanamannya akan mati. Oleh karena itu, selalu menanam lagi yang baru. Belum lagi permintaan tanaman hias warga Korea untuk rumah mereka,” tutur Nanda Prasetyo, salah satu pengusaha. 
 
Menurutnya, kaktus, puring, dan kedondong laut, diminati karena tidak membutuhkan perawatan tingkat tinggi mengingat warga Negeri Ginseng cukup sibuk.

Bersama dua partnernya, yakni Hadi dan Wariman, Nanda selama ini mendapat pasokan dari petani lokal Kediri dan sekitarnya, serta budidaya sendiri. Nanda mengaku tak kesulitan mendapatkan pasokan karena banyak warga Kabupaten Kediri membudidayakan tanaman hias, terutama puring.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kabupaten kediri ekspor tanaman hias kaktus
Editor : Martin Sihombing
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top