Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kabupaten Kediri Ekspor Kaktus ke Korsel

Kabupaten Kediri mengekspor kaktus ke Korea Selatan untuk mengisi kebutuhan tanaman hias yang tinggi di negara itu. n
Presiden Joko Widodo (kiri) berjalan bersama Presiden Korea Selatan Park Geun-hye. Korsel salah satu pasar kaktus  asal Kediri, Indonesia./REUTERS-Kim Min Hee
Presiden Joko Widodo (kiri) berjalan bersama Presiden Korea Selatan Park Geun-hye. Korsel salah satu pasar kaktus asal Kediri, Indonesia./REUTERS-Kim Min Hee
Bisnis.com, KEDIRI - Kabupaten Kediri mengekspor kaktus ke Korea Selatan untuk mengisi kebutuhan tanaman hias yang tinggi di negara itu. 
 
Mengutip siaran pers Pemkab Kediri, Jumat (27/5/2016), ekspor kaktus itu dilakukan oleh  warga dari Desa Ngancar, Kecamatan Ngancar, sejak 1,5 tahun lalu. Selain kaktus, ketiga pengusaha itu mengapalkan pula tanaman puring dan kedondong laut. Setidaknya Rp65 juta per bulan dikantongi oleh ketiga pengusaha tersebut. 
 
"Taman di Korea Selatan setiap datang musim dingin, tanamannya akan mati. Oleh karena itu, selalu menanam lagi yang baru. Belum lagi permintaan tanaman hias warga Korea untuk rumah mereka,” tutur Nanda Prasetyo, salah satu pengusaha. 
 
Menurutnya, kaktus, puring, dan kedondong laut, diminati karena tidak membutuhkan perawatan tingkat tinggi mengingat warga Negeri Ginseng cukup sibuk.

Bersama dua partnernya, yakni Hadi dan Wariman, Nanda selama ini mendapat pasokan dari petani lokal Kediri dan sekitarnya, serta budidaya sendiri. Nanda mengaku tak kesulitan mendapatkan pasokan karena banyak warga Kabupaten Kediri membudidayakan tanaman hias, terutama puring.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Sri Mas Sari
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper