Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Buya Syafii Maarif Berpulang, Sultan: Jogja Kehilangan Sosok Teladan

Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Buya Syafii Maarif tutup usia di RS PKU Muhammadiyah Gamping pada Jumat (27/5/2022) pukul 10.15 WIB.
Menkopolhukam Mahfud MD (tengah) melaksanakan shalat jenazah saat prosesi penyemayaman Alm. Buya Ahmad Syafii Maarif di Masjid Gede Kauman, Yogyakarta, Jumat (27/5/2022).  Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Tahun 1998-2005, Buya Ahmad Syafii Maarif wafat pada Jumat (27/5/2022) pukul 10.15 WIB di RS PKU Muhammadiyah Gamping, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) karena sakit. ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko
Menkopolhukam Mahfud MD (tengah) melaksanakan shalat jenazah saat prosesi penyemayaman Alm. Buya Ahmad Syafii Maarif di Masjid Gede Kauman, Yogyakarta, Jumat (27/5/2022). Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Tahun 1998-2005, Buya Ahmad Syafii Maarif wafat pada Jumat (27/5/2022) pukul 10.15 WIB di RS PKU Muhammadiyah Gamping, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) karena sakit. ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko

Bisnis.com, YOGYAKARTA - Kepergian Ahmad Syafii Maarif atau karib disapa Buya Syafii Maarif untuk selama-lamanya pada Jumat (27/5/2022) pukul 10.15 WIB tidak saja meninggalkan duka bagi keluarga.

Gubernur DIY yang juga Raja Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat Sri Sultan HB X pun turut kehilangan sosok cendekiawan muslim Indonesia tersebut.

Dalam sebuah kesempatan, Sultan HB X lantas menyampaikan rasa belasungkawa atas meninggalnya mantan Ketua PP Muhammadiyah itu. Sultan mengaku, ia mengenal sosok Buya Syafii Maarif sebagai sosok yang memegang teguh prinsip.

"Saya mengucapkan innalilahi wa inna ilaihi rojiun. Semoga beliau diterima di sisi-Nya," kata Sultan kepada wartawan di Kompleks Kepatihan, Jumat (27/5/2022).

Sultan mengenal Profesor Syafii Maarif sebagai orang yang berwawasan sangat luas. Selain itu, beliau sangat lembut dalam membangun komunikasi dengan kearifannya.

"Bagi saya beliau orang yang punya wawasan sangat luas, kedua saya kenal beliau punya prinsip yang teguh, tapi sangat lembut dalam membangun komunikasi dengan kearifannya," ujar Sultan HB X.

HB X pun menegaskan bahwa Syafii Maarif adalah sosok teladan, sehingga masyarakat Jogja tentu sangat kehilangan atas meninggalnya.

"Jadi sebetulnya kami di Jogja kehilangan beliau itu, karena perlu diteladani," katanya.

-----

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul "Buya Syafii Maarif Wafat, Sultan: Jogja Kehilangan Sosok Teladan"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Sunartono
Sumber : JIBI/Harianjogja.com
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper