Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Iklim Indonesia Mei 2022: Suhu Terpanas di Kalimaru 36,1 Derajat Celsius, Terendah di Enarotali Papua

BMKG merilis ikhtisar parameter iklim dasarian 1 Mei 2022. Suhu terpanas di Kalimantan Timur, dan terendah di Papua.
Pernita Hestin Untari
Pernita Hestin Untari - Bisnis.com 12 Mei 2022  |  15:39 WIB
Iklim Indonesia Mei 2022: Suhu Terpanas di Kalimaru 36,1 Derajat Celsius, Terendah di Enarotali Papua
Ilustrasi/ Suhu panas
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis ikhtisar parameter iklim dasarian 1 Mei 2022 di seluruh wilayah Indonesia.

Data tersebut mengukap daerah-daerah di Indonesia yang mengalami suhu terendah-tertinggi, curah hujan harian terendah-tertinggi, kelembapan terendah, dan kecepetan harian tertinggi.

Menurut data BMKG wilayah Enarotali, Papua mengalami suhu terendah di titik 14,2 derajat Celcius pada 1 Mei 2022. Kemudian, suhu maksimum mencapai 36,1 derajat Celcius terjadi di Kalimaru, Kalimantan Timur pada 3 Mei 2022. 

Sementara itu, curah hujan tertinggi terjadi Bone, Sulawesi Selatan dengan curah hujan 241 mm/hari pada 8 Mei 2022.

Kelembapan terendah mencapai 40 persen terjadi di Jayawijaya, Papua pada 6 Mei 2020. Di sisi lain, kecepatan harian tertinggi terjadi di Tarempa, Kepulauan Riau yang mencapai 74,08 km/jam.

Lebih lanjut, data Analisis dan Prediksi Kelembapan Udara Relatif (RH) pada Dasarian I Mei 2022, kelembapan udara relatif (relative humidity) pada lapisan permukaan umumnya di atas 85 persen.

Namun demikian, pada lapisan 700 mb kelembapan udara <70 persen meliputi wilayah Bali dan Nusa Tenggara.

Suhu

Analisis dan Prediksi Suhu Dasarian I Mei 2022 menyebut, suhu rata-rata permukaan berkisar 24-28 Celcius dan diprediksi berkisar 18-28 Celcius hingga dasarian I Juni 2022.

Pada dasarian II Mei sampai dengan I Juni 2022 suhu minimum diprediksi berkisar 18-27 derajat Celsis dan suhu maksimum diprediksi umumnya berkisar 24-33 Celcius.

Curah Hujan

Sementara itu, Analisis Curah Hujan Dasarian I Mei 2022 menunjukkan curah hujan pada umumnya pada kriteria rendah-menengah (0-150 mm/dasarian).

Sifat hujan umumnya bervariasi dari bawah normal hingga atas normal. Kemudian, Analisis Perkembangan Musim Kemarau Dasarian I Mei 2022, berdasarkan jumlah ZOM, sebanyak 16,08 persen wilayah Indonesia sudah masuk musim kemarau.

Musim Kemarau

Wilayah yang sedang mengalami musim kemarau meliputi Aceh bagian utara dan timur, pesisir utara Banten, pesisir utara Jawa Barat, Jawa Tengah bagian timur, sebagian Jawa Timur, Bali bagian timur dan selatan, sebagian NTB, sebagian NTT, sebagian Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat bagian timur, Sulawesi Tengah bagian barat, dan Sulawesi Utara bagian selatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

BMKG hujan Suhu udara
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top