Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Catat! Jadwal dan Lokasi One Way-Contraflow Arus Balik Lebaran 2022

Polri akan menerapkan skema one way dan contraflow pada puncak arus balik 2022 yang diprediksi terjadi pada 6-8 Mei 2022.
Jaffry Prabu Prakoso
Jaffry Prabu Prakoso - Bisnis.com 03 Mei 2022  |  16:52 WIB
Kendaraan arus balik Lebaran merayap diruas tol Cikampek, Jawa Barat, Sabtu (8/5). Kemacetan tersebut akibat meningkatnya volume kendaraan serta pertemuan arus kendaraan dengan ruas tol Cikampek di kilometer 66. Untuk mengurai kemacetan pihak kepolisian memberlakukan satu arah (oneway)./JIBI - Bisnis/Dedi Gunawan
Kendaraan arus balik Lebaran merayap diruas tol Cikampek, Jawa Barat, Sabtu (8/5). Kemacetan tersebut akibat meningkatnya volume kendaraan serta pertemuan arus kendaraan dengan ruas tol Cikampek di kilometer 66. Untuk mengurai kemacetan pihak kepolisian memberlakukan satu arah (oneway)./JIBI - Bisnis/Dedi Gunawan

Bisnis.com, JAKARTA – Polri mengimbau masyarakat untuk menghindari puncak arus balik 2022 yang diprediksi terjadi pada 6-8 Mei 2022. Pada momen itu, one way dan contraflow bakal kembali diberlakukan.

Dikutip dari laman resmi Polri, Selasa (3/5) pelaksanaan skema saat arus balik untuk Jumat (6/5) mulai pukul 14.00 WIB sampai 24.00 WIB dari Gerbang Tol Kalikangkung KM 414 sampai KM 47 Tol Cikampek. Diteruskan contraflow sampai dengan KM 28.500.

Keesokannya, Sabtu (7/5) one way diberlakukan mulai pukul 07.00 WIB sampai 24.00 WIB dari Gerbang Tol Kalikangkung KM 414 sampai KM 3.500 Gerbang Tol Halim.

Lalu hari terakhir pada Minggu (8/5) one way mulai berlaku pukul 07.00 WIB sampai dengan hari Senin, (9/5) pukul 03.00 WIB dari Gerbang Tol Kalikangkung KM 414 sampai KM 3.500 Gerbang Tol Halim.

Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Firman Shantyabudi mengatakan bahwa pada puncak arus balik diprediksi jumlah kendaraan tinggi. Oleh karena itu, masyarakat diimbau untuk pulang ke ibu kota lebih awal. Publik diminta cerdas memilih tanggal pulang Jakarta dan tidak bergantung pada tanggal tersebut.

“Tanggal 6, 7 dan 8 itu juga nanti akan terjadi puncak arus balik yang cukup tinggi,” kata Firman dalam keterangan tertulisnya, Selasa (3/5/2022).

Firman menjelaskan bahwa masyarakat diyakini akan terpecah konsentrasi pulang ke Jakarta dan tidak berbarengan pulang pada 6, 7, dan 8 Mei 2022.

Kakorlantas berharap dengan pulang lebih awal atau setelah tanggal yang dimaksud, maka lalu lintas akan lebih nyaman.

“Masyarakat bisa mempertimbangkan setelah melakukan silaturahim dengan keluarga, dimanfaatkan waktu untuk pulang lebih awal. Kalau memang waktu cutinya cukup, bisa pulang setelah tanggal 9. Sekali lagi untuk kenyamanan kita semua,” jelasnya

Meski begitu, Firman memastikan kesiapan Polri untuk menghadapi arus balik Lebaran 2022. Firman juga meminta masyarakat untuk mengikuti kebijakan rekayasa lalu lintas dari Polri agar perjalanan arus balik aman dan lancar.

“Percayalah, apa yang kami kerjakan ini untuk membantu semua pihak,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

polri contraflow Mudik Lebaran Arus Balik satu arah, one way
Editor : Fitri Sartina Dewi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top