Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Macron Menangkan Pilpres Prancis Lanjutkan Periode Kedua

Kendati perhitungan masih berlangsung, proyeksi dari lima lembaga polling utama Prancis telah menunjukkan kemenangan Macron hingga 58 persen, dibandingkan Le Pen sebesar 42 persen.
Nindya Aldila
Nindya Aldila - Bisnis.com 25 April 2022  |  06:07 WIB
Presiden Prancis Emmanuel Macron tersenyum di sela-sela pertemuan para pemimpin Uni Eropa di Brussels, Belgia, Jumat (11/12/2020). - Bloomberg/Thierry Monasse
Presiden Prancis Emmanuel Macron tersenyum di sela-sela pertemuan para pemimpin Uni Eropa di Brussels, Belgia, Jumat (11/12/2020). - Bloomberg/Thierry Monasse

Bisnis.com, JAKARTA - Emmanuel Macron kembali terpilih menjadi Presiden Prancis, mengalahkan pemimpin sayap kanan Marine Le Pen.

Dilansir Bloomberg pada Senin (25/4/2022), kendati perhitungan masih berlangsung, proyeksi dari lima lembaga polling utama Prancis telah menunjukkan kemenangan Macron hingga 58 persen, dibandingkan dengan perolehan Le Pen sebesar 42 persen.

Macron menjadi petahana yang berhasil melanjutkan periode keduanya setelah Jacques Chirac pada dua dekade lalu. Dia telah berjanji menjadikan Prancis landasan Uni Eropa yang lebih kuat dan lebih terintegrasi.

Hasil ini langsung memberikan angin segar bagi investor yang memprediksikan kemenangan Le Pen hanya akan mengguncang pasar.

Mata uang euro melambung setelah pemimpin nasionalis itu mengakui kekalahan dalam pidatonya di depan para pendukungnya di Paris.

Euro dibuka naik 0,5 persen dibandingkan dolar AS menjadi US$1,0844 pada perdagangan awal di Sydney.

Namun, tipisnya perbedaan perolehan suara antara keduanya menggambarkan bahwa kemenangan Macron hanyalah karena untuk menghentikan gerakan sayap kanan daripada dukungan terhadap visi misinya.

"Saya bukan lagi kandidat untuk satu pihaki, saya presiden untuk semua orang," katanya pada rapat umum di bawah Menara Eiffel di pusat ibukota Prancis.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

prancis ekonomi prancis Pilpres Prancis Emmanuel Macron

Sumber : Bloomberg

Editor : Farid Firdaus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top