Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tema Hari Bumi 2022 'Investasi Planet Kita', Ini Sejarah dan Maknanya

Hari Bumi 2022 mengusung tema 'Investasi Planet Kita' yang fokus pada masalah perubahan iklim.
Restu Wahyuning Asih
Restu Wahyuning Asih - Bisnis.com 22 April 2022  |  09:27 WIB
Tema Hari Bumi 2022 'Investasi Planet Kita', Ini Sejarah dan Maknanya
Penyelam mengumpulkan botol-botol bekas di dasar laut saat melakukan aksi besih sampah bawah laut dalam rangka menyambut peringatan Hari Bumi, di Kupang, NTT, Jumat (21/4). - Antara/Kornelis Kaha
Bagikan

Bisnis.com, SOLO - Hari Bumi diperingati setiap tanggal 22 April dengan mengusung tema yang berbeda-beda.

Tahun ini, Hari Bumi memiliki tema 'Investasi Planet Kita' atau 'Invest in Our Planet' yang diambil dari masalah krisis iklim.

Tema ini dipilih untuk mengembangkan advokasi dan tindakan signifikan terhadap lingkungan agar bumi menjadi lebih baik lagi.

Hari Bumi 2022 juga mengusung sub tema 'Nature in the Race to Zero' atau 'Alam dalam Perlombaan Menuju Nol' yang memiliki fokus pada bahan bakar fosil.

Dikutip dari situs resmi organisasi Earth Day, Hari Bumi ini menjadi saat yang tepat untuk mengubah semua iklim. Yakni iklim bisnis, iklim politik, dan iklim lingkungan hidup.

Sejarah

Hari Bumi dicanangkan oleh Senator Gaylord Nelson. Terjadinya tumpahan minyak besar-besaran di Santa Barbara, California pada 1969 mendorong ditetapkannya Hari Bumi.

Perhatian terhadap masalah bumi ini juga didasari dari tahun-tahun industri di Amerika Serikat (AS), di mana banyak pabrik mengeluarkan asap beracun ke udara. Selain itu, limbah pabrik pun dibuang begitu saja ke sungai.

Peringatan Hari Bumi dilakukan pertama kali pada 22 April 1970 di AS.

Dimulai pada 1969, Nelson terus mencanangkan kesadaran akan lingkungan hidup dan memandang pentingnya memperhatikan kesehatan bumi. Gagasan ini kemudian mendapat dukungan luas dan mencapai puncaknya pada tanggal 22 April 1970.

Saat itu sejarah mencatat jutaan orang turun ke jalan, berdemonstrasi dan memadati Fifth Avenue di New York untuk mengecam para “perusak bumi”.

Demonstrasi itu pun membawa hasil posifit karena terbentuk badan federal baru untuk menangani masalah lingkungan yakni Badan Perlindungan Lingkungan Amerika Serikat yang kini disebut United States Environmental Protection Agency (EPA).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

lingkungan hidup hari bumi sejarah Sejarah Hari Ini
Editor : Restu Wahyuning Asih
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top