Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Wapres: Indonesia-Spanyol Akan Saling Dukung Kedaulatan Kedua Negara

Wakil Presiden (Wapres) RI Ma'ruf Amin mengatakan sebagai negara kepulauan dengan berbagai keberagaman suku, agama, dan budaya yang dimiliki, menyebabkan Indonesia rentan dengan ancaman konflik dan separatisme.
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 19 April 2022  |  20:20 WIB
Wapres Ma'ruf Amin - Facebook/Kiyai.MarufAmin
Wapres Ma'ruf Amin - Facebook/Kiyai.MarufAmin

Bisnis.com, JAKARTA – Wakil Presiden (Wapres) RI Ma’ruf Amin mengatakan sebagai negara kepulauan dengan berbagai keberagaman suku, agama, dan budaya yang dimiliki, menyebabkan Indonesia rentan dengan ancaman konflik dan separatisme.

Oleh sebab itu, dukungan negara-negara sahabat atas kedaulatan Indonesia penting guna menguatkan integritas teritorialnya.

"Saya menyampaikan apresiasi yang tinggi atas komitmen Pemerintah Spanyol untuk terus mendukung kedaulatan Indonesia," katanya, dikutip melalui laman Wapres, Selasa (19/04/2022).

Sekadar informasi, Ma’ruf belum lama ini menerima audiensi Duta Besar Kerajaan Spanyol untuk Indonesia Francisco Aguilera Aranda di Kantor Wapres, Jl. Medan Merdeka Utara No. 15, Jakarta Pusat, Senin (18/4).

Lebih lanjut, dia menuturkan bahwa sudah semestinya Spanyol dan Indonesia menegaskan komitmen bersama untuk menegakkan integritas teritorial setiap negara.

"Upaya-upaya separatisme merupakan ancaman terhadap keamanan sehingga perlu diwaspadai," ujarnya.

Menurutnya, tidak hanya Indonesia, Spanyol pun memiliki tantangan yang sama terkait separatisme.

"Saya apresiasi kerjasama kedua negara untuk memperkuat kedaulatan dan integritas wilayah negara masing-masing," katanya.

Pada kesempatan tersebut, Wapres juga berharap Pemerintah Spanyol mendukung keberhasilan Presidensi G20 Indonesia untuk mengatasi berbagai tantangan ekonomi global saat ini.

"(Dalam G20) Indonesia terus mendorong terciptanya perdamaian dan memahami pentingnya untuk menghentikan peperangan di Ukraina. Indonesia juga tidak akan menyia-nyiakan harapan masyarakat di negara berkembang terhadap upaya konkrit G20 untuk mengatasi dampak ekonomi paska pandemi," tuturnya.

Ma’ruf juga mendorong peningkatan kerjasama Indonesia – Spanyol di bidang keagamaan, budaya, dan pendidikan sebagai upaya merekatkan rasa saling pengertian antarmasyarakat kedua negara.

"Kita juga perlu bekerjasama untuk memperkuat saling pengertian antar negara dan masyarakat, termasuk perkuat dialog antaragama, antarbudaya dan kerjasama pendidikan. Pendidikan generasi muda menjadi prioritas dan saya harapkan kerja sama dapat ditingkatkan," katanya.

Menyambut harapan Wapres, Dubes Spanyol Aguilera, mengungkapkan bahwa Spanyol adalah tamu permanen dalam perhelatan G20, sehingga sangat penting untuk bekerjasama dengan Indonesia.

“Salah satu aspek yang dapat kami garisbawahi yaitu mengenai perspektif kehormatan terhadap kedaulatan,” katanya.

Dia pun sekali lagi memastikan bahwa Spanyol sangat mendukung kedaulatan Indonesia sebagaimana Indonesia juga telah mendukung kedaulatan Spanyol.

“Untuk mendukung kedaulatan tersebut, kami juga menghormati prinsip-prinsip dan norma peraturan internasional khususnya terkait konvensi laut,” ujarnya.

Khusus terkait dialog antaragama, Dubes Aguilera meyakini Indonesia dan Spanyol memiliki suatu mekanisme yang sama untuk mendukung dan mempromosikan kehidupan beragama yang harmonis.

“Spanyol sebenarnya ingin menyelenggarakan dialog antaragama tetapi tertunda karena pandemi Covid-19, maka kami berharap dalam waktu dekat dapat terselenggara,” katanya.

Terkait kerjasama budaya, Dubes Aguilera menuturkan bahwa dirinya ingin mempromosikan pertukaran bahasa yakni dengan mengajarkan bahasa Indonesia di Spanyol dan sebaliknya.

“Pertukaran seperti ini juga diharapkan dalam bidang pendidikan,” ujarnya.

Terakhir, Dubes Aguilera mengapresiasi Indonesia yang berhasil menangani pandemi dengan baik yang salah satunya melalui kebijakan vaksinasi. Selain itu, dirinya juga meyakini pada 2024 mendatang, Indonesia akan dapat menyelenggarakan Pemilu dengan baik sebagaimana Pemilu-Pemilu sebelumnya.

“Pengalaman besar tersebut dapat menjadi rujukan dunia,” pujinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

spanyol wapres ma'ruf amin
Editor : Andhika Anggoro Wening

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

To top