Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Densus 88 Antiteror Tangkap 5 Teroris NII di Tangerang Selatan

Detasemen Khusus 88 Antiteror Polri menangkap 5 orang tersangka teroris jaringan Negara Islam Indonesia (NII) di Tangerang Selatan
Setyo Aji Harjanto
Setyo Aji Harjanto - Bisnis.com 06 April 2022  |  15:24 WIB
Kepala Bagian Bantuan Operasi (Kabag Banops) Densus 88 Antiteror Polri Kombes Pol. Aswin Siregar (kanan) memperlihatkan diagram jaringan organisasi teroris Jamaah Islamiyah di Mabes Polri, Jakarta, Kamis (25/11/2021). - Antara
Kepala Bagian Bantuan Operasi (Kabag Banops) Densus 88 Antiteror Polri Kombes Pol. Aswin Siregar (kanan) memperlihatkan diagram jaringan organisasi teroris Jamaah Islamiyah di Mabes Polri, Jakarta, Kamis (25/11/2021). - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Detasemen Khusus 88 Antiteror Polri menangkap 5 orang tersangka teroris jaringan Negara Islam Indonesia (NII). Kelima tersangka teroris ini ditangkap di wilayah Tangerang Selatan pada Minggu (3/4/2022).

"Kami menyampaikan update tentang penangkapan tersangka teroris di wilayah Tangerang Selatan yang dilakukan oleh penyidik densus 88 pada hari Minggu tanggal 3 April kurang lebih jam 7," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan, Rabu (6/4/2022).

Penangkapan kelima teroris ini merupakan pengembangan dari penangkapan di Sumatera Barat (Sumbar) beberapa waktu lalu. Pihaknya masih akan melakukan pendalaman dan penelusuran terkait peran kelima tersangka tersebut.

"Selanjutnya nanti saat ini dilakukan penelusuran dan pendalaman tentang peran-peran dan keterlibatan tersangka tersebut. Nanti kita akan sampaikan kemudian," kata dia.

Polisi menangkap 16 tersangka teroris Negara Islam Indonesia (NII) di Sumatra Barat. Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Gatot Repli Handoko mengatakan NII melakukan perekrutan secara masif, bahkan melibatkan anak di bawah umur.

"Perekrutan anggota secara masif di Sumatera Barat, dengan melibatkan anak-anak di bawah umur," kata Gatot dalam konferensi pers, Senin (28/3/2022).

Selain perekrutan ke-16 tersangka teroris itu juga terlibat dalam beberapa hal. Misalnya, berkeinginan mengubah ideologi negara, menggulingkan pemerintah yang sah apabila NKRI sedang mengalami chaos, dan melakukan kegiatan ala militer secara rutin.

"Berikutnya menyiapkan persiapan logistic berupa persenjataan, perekrutan anggota secara masif di Sumatera Barat dengan melibatkan anak-anak di bawah umur, terhubung dengan kelompok terror di Jakarta, Jawa Barat, dan Bali," katanya.

Kepala Bagian Bantuan Operasi (Kabagbanops) Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri Kombes Pol. Aswin Siregar mengatakan 16 tersangka dugaan tindak pidana terorisme, yang ditangkap di Sumatra Barat, Jumat (25/3/2022), terafiliasi dengan kelompok Negara Islam Indonesia (NII).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tangerang selatan teroris densus 88
Editor : Nancy Junita

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

To top