Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy Pidato di Grammy Awards  2022: Kalian Jangan Hanya Diam!

Presiden Ukraina menyampaikan kondisi negaranya yang tengah mengalami kesulitan akibat dampak dari invasi Rusia saat pidato di Grammy Awards 2022.
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky memiliki zodiak Aquarius
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky memiliki zodiak Aquarius

Bisnis.com, JAKARTA – Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy menyampaikan kondisi negaranya yang tengah mengalami kesulitan akibat dampak dari invasi Rusia sejak 24 Februari 2022 saat Grammy Awards.

Dikutip melalui The Guardian, melalui pidato yang direkam pada Grammy Awards 2022, Zelenskyy mengatakan kepada para musisi yang berkumpul untuk menggunakan suara mereka untuk menuntut diakhirinya perang.

"Perang. Apa yang berlawanan dengan musik? Keheningan dari kota yang hancur dan kematian orang-orang. Anak-anak kita menggambar roket yang menukik, bukan bintang jatuh,” ujarnya, dikutip melalui The Guardian, Senin (4/4/2022).

Dia melanjutkan, akibat invasi yang dikomando oleh Presiden Rusia Vladimir Putin mengakibatkan lebih dari 400 anak terluka dan 153 anak meninggal di Ukraina.

“Dan kita tidak akan pernah melihat mereka [bisa] menggambar dengan ceria. Orang tua sebelumnya senang bangun di pagi hari, sekarang [mereka] di tempat perlindungan bom. Orang yang dicintai tidak tahu apakah mereka akan bersama lagi. Perang tidak membiarkan kita memilih siapa yang bertahan dan siapa yang tetap dalam keheningan abadi," katanya.

Dia menggambarkan bahwa musisi mereka di Ukraina memakai pelindung tubuh, bukan tuksedo.

Mereka bernyanyi untuk yang terluka di rumah sakit, bahkan untuk mereka yang tidak dapat mendengarnya.

“Namun musiknya akan tetap melalui hati pendengarnya," ujarnya

Dia pun menyindir jika Ukraina sangat butuh bantuan agar bisa merasakan kebebasan seperti yang dirasakan oleh para musisi di ajang Grammy Awards 2022.

"Kami membela kebebasan kami. Untuk hidup. Mencintai. Untuk menyuarakan. Di tanah kami, kami memerangi Rusia yang membawa kesunyian yang mengerikan dengan bom-bomnya. Keheningan yang mati. Isi keheningan dengan musik Anda! Isi hari ini untuk menceritakan kisah kita. Katakan yang sebenarnya tentang perang ini di jejaring sosial Anda, di TV. Bantu kami dengan cara apa pun yang Anda bisa. Apa saja asal tidak diam," tuturnya

"Mereka sudah menjadi legenda. Tapi aku punya mimpi mereka hidup. Dan terbebas. Bebas seperti Anda di panggung Grammy," pungkas Zelensky.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper