Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jaksa Agung Temukan Barang Impor Berlabel Lokal di BUMN dan BUMD

Jaksa Agung menemukan beberapa pengadaan barang dan jasa BUMN dan BUMD serta pusat perbelanjaan menggunakan produk luar negeri memakai label produk dalam negeri.
Sholahuddin Al Ayyubi
Sholahuddin Al Ayyubi - Bisnis.com 28 Maret 2022  |  15:22 WIB
Jaksa Agung ST Burhanuddin. - Sholahuddin Al Ayyubi
Jaksa Agung ST Burhanuddin. - Sholahuddin Al Ayyubi

Bisnis.com, JAKARTA - Jaksa Agung Sanitiar (ST) Burhanuddin menemukan beberapa pengadaan barang dan jasa BUMN dan BUMD serta pusat perbelanjaan menggunakan produk luar negeri memakai label produk dalam negeri.

Menurut Burhanuddin, beberapa barang impor yang terdeteksi menggunakan label dalam negeri antara lain alat kesehatan, alat pertanian, tekstil, besi dan baja, serta garam.

Burhanuddin juga mengatakan bahwa temuan tersebut ada di wilayah DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur. 

"Hasil yang diperoleh dari tim pengumpulan data yaitu disinyalir ada beberapa barang dan jasa di berbagai instansi baik BUMN maupun BUMD dan di sentra perbelanjaan di amana ada komoditas yang merupakan barang impor, tetapi menggunakan label atau merek dalam negeri," tuturnya dalam keterangan resminya di Jakarta, Senin (28/3/2022).

Akibat banyaknya barang impor yang digunakan oleh BUMN maupun BUMD serta beredar di sentra perdagangan, produk dalam negeri tidak dapat bersaing.

Hal tersebut juga dapat membuat kerugian perekonomian negara.

"Tentu saja hal ini dapat menghambat dan juga mengganggu pertumbuhan ekonomi, terlebih pada masa pandemi Covid-19," katanya.

Dia menjelaskan, bahwa Kejaksaan Agung sudah bekerja sama dengan Bea Cukai untuk mengurangi barang impor ilegal yang masuk ke Indonesia.

"Nanti akan dibentuk tim gabungan antara bea cukai dan kejaksaan," ujarnya.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jaksa agung Kejaksaan Agung
Editor : Nancy Junita

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top