Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Update Situasi Militer Perang Rusia vs Ukraina Hari ke-17: Rusia Serang Kota-kota Besar Ukraina

Pasukan Rusia menembaki kota-kota besar di Ukraina sepanjang hari dan telah memulai operasi militer untuk merebut kota.
Asap dan api terlihat di Kyiv saat Rusia melanjutkan invasi ke Ukraina, Sabtu (26/2/2022). REUTERS/Gleb Garanich
Asap dan api terlihat di Kyiv saat Rusia melanjutkan invasi ke Ukraina, Sabtu (26/2/2022). REUTERS/Gleb Garanich

Bisnis.com, JAKARTA - Memasuki hari ke-17 serangan Rusia ke Ukraina, beberapa daerah di Ukraina sudah mulai tenang dari serangan. Namun, mereka melakukan itu untuk fokus mengepung daerah Mariupol, Mykolaiv, Kyiv, Sumy, Chernihiv dan Kharkiv.

Dilansir dari Militaryland, Sabtu (12/3/22) pasukan Rusia sudah memasuki beberapa wilayah dari Ukraina, berikut situasi militer di wilayah Ukraina.

Garis Depan Polandia

Oblast Kiev

Tidak ada pergerakan baru yang dilaporkan di tepi barat Dnieper. Kami masih belum tahu apa, dan apakah, pasukan Ukraina memperoleh tempat baru selama serangan balik kemarin di utara. Di tepi timur, pasukan Rusia berusaha keras untuk mencapai pinggiran Kyiv. Pasukan Ukraina menyergap konvoi Rusia dalam perjalanan menuju Brovary dan menghancurkan setidaknya satu tank.

  • Oblast Zhytomyr

Tidak ada yang baru di daerah ini.

Garis Depan Utara

  • Oblast Chernihiv

Pasukan Rusia terus menyusun kembali pasukannya di utara dan barat Chernihiv. Musuh berusaha untuk menutup celah dan mengepung penuh Chernihiv. Langkah ini tidak berhasil.

  • Daerah Sumy

Sebuah konvoi militer Rusia disergap oleh polisi setempat dan unit Pertahanan Teritorial di dekat Romny. Selusin tentara Rusia telah ditahan sebagai hasilnya. Ada laporan tentang pertempuran perkotaan yang sedang berlangsung di pinggiran Sumy.

Garis Depan Sloboda

  • Oblast Kharkiv

Pasukan Ukraina melakukan operasi pertahanan di daerah tersebut. Sebuah konvoi Rusia disergap di dekat Chuhuiv. Dorongan Rusia ke selatan dari Balakliia belum berhasil sejauh ini. 

Izium terletak di puing-puing, tetapi setiap hari pertahanan Izium memberi pasukan Ukraina yang ditempatkan di Slovyansk hari lain untuk mempersiapkan garis pertahanan. Kharkiv telah menjadi target penembakan sepanjang hari.

  • Oblast Luhansk

Walikota Oblast Luhansk menyatakan bahwa pasukan Rusia menguasai 70 persen oblast. Pasukan Ukraina saat ini fokus pada pertahanan jalur Popasna – Lysychansk – Sievierodonetsk – Rubizhne – Kreminna.

Garis Depan Pryazovia

  • Oblast Donetsk

Pasukan Rusia memusatkan sebagian besar pasukannya ke Mariupol.

  • Oblast Zaporizhzhia

Pasukan Ukraina menyergap konvoi Rusia di dekat Vasylivka dan menghancurkan beberapa truk. Tidak ada lagi yang dilaporkan untuk hari ini di area ini.

Garis Depan Selatan

  • Oblast Mykolaiv

Pasukan Rusia menembaki Mykolaiv sepanjang hari dan telah memulai operasi militer untuk merebut kota. Upaya pertama untuk memasuki pinggiran pada malam hari tidak berhasil, pasukan Ukraina menangkis serangan itu.

  • Oblast Kherson

Pasukan Rusia tidak mencapai perbatasan administrasi Oblast Dnipropetrovsk. Mereka tampaknya memusatkan sebagian besar unitnya ke arah Mykolaiv.

Mariupol

Pasukan Rusia memasuki kota, tetapi pasukan Ukraina berhasil mempertahankan semua titik penting yang strategis. Evakuasi warga sipil tidak terjadi lagi.

Status kantong utara tidak diketahui saat ini, tetapi kemungkinan besar tidak di bawah kendali Ukraina. Evakuasi warga sipil tidak terjadi lagi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper