Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BRIN Beberkan Sederet Manfaat Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir

PLTN menghasilkan energi listrik dengan lebih efisien dengan emisi yang lebih sedikit dibandingkan dengan sumber energi fosil.
Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) Bushehr di Iran, sekitar 1.200 kilometer sebelah selatan Teheran./Reuters
Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) Bushehr di Iran, sekitar 1.200 kilometer sebelah selatan Teheran./Reuters

Bisnis.com, JAKARTA-Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) melalui Organisasi Riset Tenaga Nuklir (ORTN) menyampaikan bahwa banyak keuntungan yang didapat dari Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN), diantaranya terbukti dapat menghasilkan energi listrik dengan lebih efisien dengan emisi yang lebih sedikit dibandingkan dengan sumber energi fosil.

Profesor Riset sekaligus Peneliti Ahli Utama ORTN – BRIN, Djarot Sulistio Wisnubroto mengatakan bahwa PLTN telah banyak dimanfaatkan di negara-negara maju dan menjadi andalan energi di negara tersebut.

“PLTN memiliki banyak kelebihan, masa waktunya operasinya lama lebih dari 80 tahun, selain itu emisi karbonnya sangat rendah, most reliable energy source, penggunaan lahan yang sedikit, relative affordable,” jelas Djarot. Hal tersebut disampaikan dalam kegiatan webinar IATKI Enginering Lecture dengan tema “Bauran Energi Nuklir Menuju Indonesia Net Zero Karbon 2060”, dikutip Minggu (6/3/2022).

Saat ini, kata dia pengembangan teknologi nuklir untuk pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) di Indonesia yang sekarang masih dalam tahap pengkajian. Menurutnya pembangunan PLTN memang membutuhkan biaya yang besar diawal, dan penanganan hasil limbahnya cukup lama, namun kelebihannya jauh lebih banyak seperti lamanya waktu operasi, emisi karbon rendah dan penggunaan area lahan yang lebih sedikit.

Komitmen untuk mencapai target Net Zero Emission (NZE) pada tahun 2060 serius diwujudkan oleh Pemerintah, strategi yang dilakukan yaitu pengembangan Energi Baru dan Terbarukan (EBT), salah satunya energi nuklir.

Menurut Djarot kesiapan Indonesia sendiri untuk memiliki PLTN sudah pernah dievaluasi secara langsung pada misi Badan Atom Internasional IAEA (International Atomic Energi Agency) ke Indonesia pada tahun 2009 untuk infrastruktur tahap pertama, yaitu sebelum pemerintah mengatakan mau membangun PLTN. Hasil evaluasi IAEA menunjukkan hampir sebagian sudah terjawab oleh Indonesia.

Untuk kesediaan Sumber Daya Manusia, Indonesia sendiri telah menyiapkan SDM-nya sejak tahun 1990-an. SDM untuk tenaga kerja paling banyak dibutuhkan ketika proses pembangunan PLTN, ketika pengoperasian SDM yang dibutuhkan hanya ratusan saja.

“Keberhasilan kita mengoperasikan tiga reaktor riset di Serpong, Bandung, dan Yogyakarta bisa menjadi modal pengalaman kita untuk mengoperasikan PLTN, walaupun reaktor riset tidak menghasilkan listrik seperti PLTN,” tambahnya.

Djarot menyimpulkan dari segi SDM dan Infrastruktur, Indonesia sudah siap dalam program pembangunan PLTN, namun tantangan utama ada pada social-politik, “Nuklir itu tantangannya bukan pada teknologi, SDM, infrastruktur, tetapi tantangannya lebih kepada masalah sosial-politik,” ungkapnnya.

Anggota Dewan Pakar Masyarakat Kelistrikan Indonesia, Arnold Soetrisnanto menuturkan mengapa Indonesia sudah saatnya untuk memanfaatkan energi nuklir, “Kita sudah masuk pada era transisi energi, kita menyiapkan Indonesia net zero carbon untuk tahun 2060, tentunya nuklir yang mengimisikan saat operasi itu nol atau zero carbon dapat dijadikan pertimbangan,” jelas Arnold.

Arnold juga menambahkan kalau energi nuklir merupakan energi yang terbarukan dan memiliki masa penggunaan yang lebih lama dibandingkan dengan energi bahan baku fosil, energi nuklir tidak berbasis sumber daya alam, tetapi berbasis teknologi dan kemampuan umat manusianya.

“Nuklir itu tidak tergantung pada sumber daya alam tetapi tergantung pada teknologi, seberapa jauh manusia itu mampu memikirkan untuk menciptakan teknologi nuklir, karena bahan bakunya ada di bumi, matahari, dan di tata surya,” paparnya.

Mantan anggota DPR RI, Kurtubi menegaskan Indonesia sudah sangat membutuhkan energi baru dan terbarukan, salah satunya adalah PLTN untuk bisa mendapatkan energi listrik yang murah bagi masyarakat dan PLTN juga terjamin ramah lingkungan.

Kurtubi juga melihat memang adanya kendala dalam mendirikan PLTN di Indonesia, “Kendalanya jelas ada pada sosio politik, karena sebagian pemangku kepentingan merupakan pebisnis dibidang SDA lain”, PLTN Generasi IV cocok untuk dibangun di Indonesia, jika kita terus takut akan terjadinya kecelakaan PLTN maka tak akan pernah terwujud adanya PLTN di Indonesia,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Indra Gunawan
Editor : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper