Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Selain Surabaya, 5 Kota Ini Pernah Dihantam Fenomena Hujan Es

Fenomena hujan es pernah terjadi beberapa kali beberapa wilayah di Indonesia, seperti Depok, Bogor dan Yogyakarta. Simak detailnya.
Lukman Nur Hakim
Lukman Nur Hakim - Bisnis.com 22 Februari 2022  |  13:13 WIB
Hujan es yang terjadi di Surabaya juga pernah terjadi di Yogyakarta, Depok dan Bogor - Antara/Muhammad Arif Pribadi
Hujan es yang terjadi di Surabaya juga pernah terjadi di Yogyakarta, Depok dan Bogor - Antara/Muhammad Arif Pribadi

Bisnis.com, JAKARTA – Masyarakat dihebohkan dengan fenomena hujan es yang terjadi di sejumlah wilayah di Kota Surabaya, Jawa Timur, Senin (21/2/2022) pada sore hari.

Hujan es ini dibarengi dengan hujan lebat dan angin yang berhembus sangat cepat, bahkan sampai membuat beberapa pohon dan benda terangkat dengan sendirinya. Dikatahui, es yang jatuh pada hujan kemarin sore di Surabaya sebesar biji kelereng dan sangat sakit jika terkena benda tersebut.

Fenomena ini langsung menjadi sebuah pembicaraan yang hangat oleh warga dan juga netizen Indonesia. BMKG selaku badan yang menanggulangi tentang fenomena alam menjelaskan bahwa fenomena hujan es ini karena awan cumulonimbus (cb). Dimana puncak awan cb dapat menghasilkan butiran es.

Kemudian, ketika downdraft (Aliran udara ke bawah), dari awan Cb cukup tinggi. Didukung juga suhu permukaan atau daratan cukup dingin, maka hujan dari awan Cb jatuh dalam bentuk butiran es.

Sebelum terjadi di Surabaya, terdapat beberapa tempat yang pernah mengalami fenomena hujan es serupa di Indonesia, berikut daerah tersebut.

  1. Malang, Jawa Timur

Sebelum Surabaya, kota tetangga Malang pernah mengalami fenomena hujan es ini pada Kamis (23/12/2021). Hujan ini terjadi di kawasan perumahan Sawojajar, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang dan Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang, dilaporkan terjadi fenomena hujan es pada saat terjadi hujan deras pada Kamis (23/12) sekitar pukul 13.00 WIB.

  1. Depok dan Bogor, Jawa Barat

Depok dan Bogor diterjang hujan dengan intensitas sedang, lebat disertai dengan angin kencang pada, Selasa (21/9/21). Sama seperti halnya di Surabaya, awalnya hujan dan angin yang menerjang kedua kota tersebut sangat kencang, sampai ada beberapa warga yang menvideokan jika ada butiran seperti partikel es yang jatuh ke tanah dibarengi dengan air hujan.

  1. Banjarnegara, Jawa Tengah

Fenomena hujan es ini terjadi di Desa Wanaraja, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah pada Rabu (15/9/21) sekitar pukul 12.50 WIB. Kejadian ini awalnya diketahui oleh guru dari SMPN 4 Wanayasa ketiak mendengar suara yang kencang dari bagian atap, mereka segera berlari menuju luar ruangan untuk memeriksa keadaan. Setelah di cek ternyata hujan dengan campuran butiran es jatuh di sekitar sekolah tersebut. 

  1. Pondok Gede

Wilayah sekitaran Jakarta juga pernah mengalami fenomena serupa. Fenomena ini terjadi di Wilayah Jatiasih, Pondok Gede, Pondok Melati, dan Jasam di Bekasi dilanda fenomena hujan es pada Rabu (14/4/21). Hal ini menjadi fenomena langka yang terjadi di dekat dengan Ibu Kota. Sama seperti apa yang sering terjadi , awalnya hujan dan angin bertiup sangat kencang.

  1. Yogyakarta

Hujan ekstrem yang bahkan disertai butiran es terjadi Kota Yogyakarta, Rabu (3/3/2021) siang. hujan lebat itu disertai dengan butiran es sebesar kelereng dan mengguyur kawasan Tugu Yogyakarta sejak pukul 13.10 WIB.  Berdasarkan penuturan warga, hujan lebat disertai es berlangsung cukup lama.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

surabaya bogor depok Hujan Es
Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top