Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ahmad Erani Dilantik Jadi Kasetwapres Definitif, Wapres Beri Selamat

Ahmad Erani Yustika dilantik menjadi Kasetwapres definitif oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno.
Ahmad Erani Yustika saat dilantik menjadi Kepala Sekretariat Wakil Presiden definitif di Jakarta, Jumat (18/2/2022). ANTARA/HO-BPMI Setwapres
Ahmad Erani Yustika saat dilantik menjadi Kepala Sekretariat Wakil Presiden definitif di Jakarta, Jumat (18/2/2022). ANTARA/HO-BPMI Setwapres

Bisnis.com, JAKARTA – Wakil Presiden (Wapres) RI Ma’ruf Amin menyampaikan apresiasinya atas pelantikan Ahmad Erani Yustika menjadi Kasetwapres definitif oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

“Bapak Wapres mengucapkan selamat atas dilantiknya Prof. Erani sebagai Kasetwapres,” kata Juru Bicara Wapres Masduki Baidlowi dalam keterangan resmi, Senin (21/2/2022).

Lebih lanjut, Masduki mengatakan bahwa Wapres berpesan agar Erani terus mengedepankan kerja kolaboratif dalam mendukung tugas-tugas Wapres.

“Kerja kolaboratif penting karena tugas-tugas Wapres hampir semua melibatkan banyak kementerian dan lembaga,” ujarnya.

Masduki menjabarkan, tugas-tugas tersebut salah satunya adalah menjadi Ketua Harian Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah, dan Ketua Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan.

Selain itu, dia mengatakan Ma’ruf Amin turut ditunjuk menjadi Ketua Pengarah Tim Percepatan Penurunan Stunting, Ketua Dewan Pengarah Tim Koordinasi Terpadu Percepatan Pembangunan Kesejahteraan di Provinsi Papua dan Papua Barat, dan Ketua Komite Pengarah Reformasi Birokrasi Nasional.

Di samping kerja kolaboratif, lanjutnya, Wapres juga berharap Kasetwapres baru terus berinovasi dalam memberikan dukungan teknis dan substansi kepada Wapres.

“Terutama agar tugas-tugas Wapres tersebut semuanya dapat membuahkan hasil nyata di akhir periode pemerintahannya pada 2024 mendatang, atau Wapres biasa menyebut dengan istilah netas,” ujarnya.

Terakhir, Masduki mengatakan bahwa Wapres juga secara khusus meminta agar Kasetwapres baru terus melanjutkan program reformasi birokrasi di lingkungan Setwapres.

“Pak Wapres berharap Setwapres harus menjadi contoh dalam penerapan sistem merit sebagai bagian dari upaya reformasi birokrasi,” ungkapnya.

Sebagai informasi, Ahmad Erani Yustika diangkat sebagai Plt. Kasetwapres menggantikan Mohamad Oemar yang dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh untuk Republik Perancis, pada Senin (25/10/2021).

Sebelumnya, Ahmad Erani Yustika juga sempat menjadi Staf Khusus Presiden Bidang Ekonomi pada 2018 – 2019 sebelum diangkat sebagai Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Ekonomi dan Peningkatan Daya Saing Setwapres.

Sebelum berkecimpung dalam lingkungan pemerintahan, Ahmad Erani Yustika tercatat mengawali kariernya sebagai dosen pada Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya.

Pria kelahiran Ponorogo ini dikenal aktif menulis karya ilmiah, hingga sekitar 750 artikelnya dimuat diberbagai media massa dan jurnal ilmiah. Selain itu, sekitar 30 buku juga berhasil ia terbitkan.

Aktivitas kepenulisannya tersebut, menjadikan Ahmad Erani Yustika terpilih sebagai penulis buku paling produktif di Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya pada 2007, melengkapi gelar dosen berprestasi tingkat nasional yang diraihnya pada tahun yang sama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper