Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pendaftaran SNMPTN 2022, Tips Memilih Program Studi dari Wakil Rektor Unpad

Universitas Pandjajaran (Unpad) membuka pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2022.
Universitas Padjajaran (Unpad)/unpad.ac.id
Universitas Padjajaran (Unpad)/unpad.ac.id

Bisnis.com, JAKARTA -Universitas Pandjajaran (Unpad) membuka pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2022, Senin (14/2/2022) pukul 15.00 WIB.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unpad Profesor Arief S. Kartasasmita menyampaikan tahun 2022, secara umum persentase daya tampung Unpad di jalur SNMPTN 2022 sebesar 20 persen dari total daya tampung keseluruhan.

Namun, setiap program studi ada perbedaan sedikit untuk daya tampungnya.

“Intinya setiap program studi minimum penerimaannya 20 persen,” kata Arief seperti dilansir dari laman Unpad, Selasa (15/2/2022).

Arief menjelaskan, penilaian SNMPTN 2022 murni berdasarkan nilai rapor dan prestasi akademik siswa. Jatah kuota SNMPTN di setiap sekolah juga bervariasi berdasarkan nilai akreditasinya.

Sekolah terakreditasi A mendapat kuota sebesar 40 persen siswa terbaik. Sementara, sekolah terakreditasi B mendapat jatah kuota sebanyak 25 persen dan sekolah terakreditasi C mendapat kuota 5 persen terbaik di sekolahnya.

“Ini berarti, calon pendaftar yang berhak mendaftar SNMPTN 2022 merupakan peserta yang dinilai layak (eligible) berdasarkan pertimbangan akademiknya. Untuk itu, peserta wajib memanfaatkan momentum SNMPTN untuk mendaftar program studi yang sesuai minat dan passion-nya,” ujarnya.

Arif mengingatkan calon pendaftar untuk memilih program studi yang sesuai minat.

“Pilih program studi sesuai minat. Jangan mentang-mentang kuotanya kosong, ternyata pas masuk studinya tidak begitu baik,” ujarnya.

Lebih lanjut dijelaskan, selain sesuai minat, peserta yang perlu mempertimbangkan pemilihan program studi berdasarkan masa depan yang ingin dicapai.

Jangan sampai memilih program studi yang tidak sesuai dengan masa depan yang ingin dicapai.

“Jangan sampai ketika masuk ke dalam ternyata kuliahnya tidak senang, dan akhirnya prospeknya jadi kurang baik. Lalu kemudian mengambil seleksi mandiri. Maka jatah di SNMPTN jadi tidak terpakai. Pilih agar semua kuota yang dimanfaatkan bisa dipakai secara baik,” ungkapnya.

Pendaftaran dilakukan melalui login di laman resmi Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) menggunakan akun resmi yang sudah diverifikasi.

Pendaftaran SNMPTN sendiri ditutup pada 28 Februari mendatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Indra Gunawan
Editor : Nancy Junita

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper