Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Viral Ceramahnya soal KDRT, Oki Setiana Dewi Trending di Twitter

Oki Setiana Dewi tengah menjadi sorotan publik akibat ceramahnya yang dinilai menormalisasi kekerasan dalam rumah tangga (KDRT).
Oki Setiana Dewi/Instagram @okisetianadewi
Oki Setiana Dewi/Instagram @okisetianadewi

Bisnis.com, JAKARTA - Aktris dan pendakwah Oki Setiana Dewi tengah menjadi sorotan publik akibat ceramahnya yang dinilai menormalisasi kekerasan dalam rumah tangga (KDRT).

Isi ceramah Oki Setiana Dewi pun ramai dibawah warganet di media sosial hingga menjadi trending topic di Twitter. Hingga Kamis (3/2) siang, kata kunci Oki Setiana Dewi telah dicuitkan lebih dari 3.500 kali. Selain itu, kata kunci istri yang masih berkaitan dengan ceramah Oki Setiana Dewi telah dicuitkan hingga lebih dari 37.000 kali.

Polemik itu bermula saat adanya video yang diunggah di akun TikTok @okisetianadewi13. Dalam video tersebut, Oki menceritakan sebuah kisah yang menurutnya berdasarkan kisah nyata dari Jeddah, Arab Saudi.

Diceritakannya, ada sepasang suami istri yang sedang bertengkar hebat. Sang suami yang tengah marah besar akhirnya menampar wajah sang istri. Sang Istri yang tengah menangis karena tamparan itu, kemudian mendengar bel rumahnya berbunyi. Dengan mata sembab, dia membuka pintu dan menemukan bahwa ibunyalah yang datang ke rumahnya.

Melihat ibu mertuanya yang datang, kata Oki, suami ini khawatir jika istrinya akan mengadukan perbuatannya barusan. Sang ibu pun bertanya kepada anaknya mengapa menangis dan matanya sembab.

Sang anak kemudian menjawab bahwa dia menangis karena terharu saat berdoa karena rindu kepada ayah dan ibunya. Namun, dia bahagia karena ternyata doa itu langsung dikabulkan Allah. Melihat itu, kata Oki, sang suami luluh karena sang istri tidak mengadukan pebuatannya kepada ibunya.

"Jadi nggak perlulah cerita-cerita yang sekiranya menjelekkan pasangan kita sendiri," kata Oki dalam ceramahnya.

Sejumlah warganet mempertanyakan dan geram atas ceramah Oki yang dinilai menormalisasi KDRT. Mereka menyebut tidak ada pembenaran apapun untuk perlakuan KDRT.

@erichaaga: “Maksudnya disuruh menormalisasi KDRT, gitu? Biar gimanapun kalo KDRT udah redflag parah sih. Nggak ada pembenaran apapun untuk seseorang kalo udah main tangan”.

@fikafatiha: “Mungkin aib yang gaboleh diceritaintuh aib kl suaminya tidur suka ngorok, aib kalo suaminya suka kentut sembarangan dll. Ya kl KDRT mah wajib sih kalo menurutku diceritain. Surga saat nikah ada di tangan suami ya bukan berarti sepasrah itukan kl emg suaminya KDRT? Wawlohualam”.

@bu_the_awan: “Kalau perempuan yg didalam cerita bisa nyimpan aib suami, dia dapat cerita darimana ya gus?”.

Tak semuanya menghujat, ada juga netizen yang berusaha mengambil sisi positif dari ceramah Oki. Ia mengajak netizen untuk bersama-sama mengambil hikmahnya.

@mustikarmdn_: “Maaf kl salah, tp aku nangkepnya maksud mba Oki itu 'kdrt' kan ga dijelasin terjadi berulang atau cuma sekali, ga membenarkan kekerasannya, cuma bisa jd kekerasan tsb terjadi hanya sekali sehingga istri menutupi aib suami di depan ortu, beda kl misalnya udah terjadi berulang”.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper