Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Warna Seragam Satpam Akhirnya Diganti, Warganet: Mirip Polisi India

PWarna seragam satpam akhirnya diganti dari cokelat tua menjadi krem. Namun, warganet atau netizen justru menilai warna seragam baru mirip polisi India.
Ni Luh Anggela
Ni Luh Anggela - Bisnis.com 02 Februari 2022  |  18:32 WIB
Tampilan seragam satpam terbaru dengan kombinasi warna krem (atasan) dan cokelat tua (bawahan) - Twitter Divisi Humas Polri
Tampilan seragam satpam terbaru dengan kombinasi warna krem (atasan) dan cokelat tua (bawahan) - Twitter Divisi Humas Polri

Bisnis.com, JAKARTA - Ada pemandangan berbeda yang terlihat pada Upacara Hari Ulang Tahun Satpam ke-41 yang digelar hari ini, Rabu (2/2/2022). Pasalnya, para Satpam (Satuan Pengaman) yang mengikuti upacara menggunakan seragam baru berwarna krem.

Padahal di bulan Oktober 2021 lalu, warna seragam Satpam baru saja diubah, yaitu dari warna putih biru menjadi warna cokelat muda untuk atasan dan cokelat tua untuk bawahan.

Seragam satpam baru tersebut menjadi kontroversi. Banyak warga mengeluhkan warnanya sekilas mirip dengan seragam Polisi. Perubahan tersebut lantas membuat masyarakat bingung untuk membedakan polisi dan satpam.

Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo didampingi Wakapolri Komjen Polisi Gatot Eddy Pramono memimpin Upacara HUT Satpam ke-41 di Lapangan Bhayangkara Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu (2/2/2022). Dalam acara tersebut, Kapolri dan Wakapolri meresmikan seragam batu satpam yang berwarna krem.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri Brigjen Pol Ahmad Ramadhan pada Januari lalu mengatakan alasan Polri mengubah seragam satpam dari cokelat tua menjadi krem.

"Seragam sekarang terlalu mirip dengan seragam Polri sehingga menyebabkan kebingungan dan kesulitan warga masyarakat untuk membedakan Polisi dan Satpam," jelas Ramadhan, dikutip dari laman resmi Divisi Humas Polri, Rabu (2/2/2022).

Dia juga menambahkan bahwa Satpam merupakan profesi baru, sehingga sebagai pengemban fungsi kepolisian terbatas Satpam perlu memiliki identitas sendiri yang berbeda dengan Polri selaku pembinanya.

Warna seragam baru tersebut kemudian ramai menjadi sorotan warganet. Sebagian besar netizen menilai, warna tersebut mirip dengan seragam Polisi India.

"Warna pilihannya sudah tidak ada lagi, karena mungkin sudah kepalai lagu anak-anak Balonku? Itu kan rupa-rupa warnanya. Ya udah keren juga kok biarpun mirip Polisi India," tulis akun @Imelldaa95 di Twitter.

"Kemaren Mirip Polisi Indonesia. Sekarang Mirip Polisi India," tulis akun @Sawal Nasution5.

"Satpam rasa polisi India," tulis salah satu warganet.

Di lain sisi, beberapa warganet mengaitkannya dengan salah satu karakter di serial kartun Shiva, Ladu Singh, seorang Inspektur Polisi di kota Vedas, sebuah kota di India.

"Seragam nyar e mirip Pa Ladusing polisi India :((," tulis akun @gagassober.

"Satpam kita aja udah selevel Polisi India. Bisa bergabung dengan Pak Ladusing," tulis akun @dyra_ayraa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

polri kapolri satpam
Editor : Feni Freycinetia Fitriani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top