Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

3 Fakta Pembunuhan ART Keturunan Indonesia oleh Eks Finalis Masterchef Malaysia

Mantan finalis Masterchef Malaysia, Etiqah Siti Noorasihkeen Mohd Sulang membunuh sang ART Nur Afiyah Daeng Damin pada Desember 2021 lalu.
Ilustrasi pembunuhan/Antara
Ilustrasi pembunuhan/Antara

Bisnis.com, SOLO - Eks finalis Masterchef Malaysia, Etiqah Siti Noorasihkeen Mohd Sulang dan suaminya Mohammad Ambree Yunos didakwa sebagai pelaku pembunuhan asisten rumah tangga atau ART mereka awal bulan ini.

Korban yang meninggal pada Desember 2021 itu bernama Nur Afiyah Daeng Damin. Diketahui, peristiwa tersebut terjadi di sebuah apartemen di Amber Tower di Lido Avenue, Kota Kinabalu, Sabah, Malaysia.

Berkaitan dengan itu, berikut sejumlah fakta pembunuhan ART Nur Afiyah oleh majikannya.

1. Membuat laporan palsu

Etiqah dan Ambree awalnya melapor ke polisi bahwa mereka menemukan sang ART di lantai kamar mandi dalam keadaan tak bernyawa. Dalam penuturannya, kala itu mereka mengaku baru kembali dari liburan di Kundasang, Ranau.

2. Terancam hukuman mati

Etiqah dan suaminya dituduh membunuh Nur Afiyah Daeng Damin di unit kondominium di Jalan Lintas Lido antara 10 Desember dan 13 Desember. Keduanya lalu dikenakan dakwaan pembunuhan dengan Pasal 302 yang tidak dapat dijaminkan dan membawa hukuman mati jika terbukti bersalah.

3. Korban keturunan Indonesia

Kementerian Luar Negeri Indonesia mengatakan bahwa ART yang diduga dibunuh oleh mantan finalis MasterChef Malaysia dan suaminya bukan Warga Negara Indonesia.

"KJRI Kota Kinabalu mendapat konfirmasi dari kepolisian dan mahkamah di Kota Kinabalu bahwa yang bersangkutan adalah Warga Negara Malaysia keturunan Bugis," kata Judha Nugraha, Direktur Pelindungan Warga Negara Indonesia Kementerian Luar Negeri RI.

Ia menambahkan, "Karena yang bersangkutan bukan WNI, maka kewenangan penanganan sepenuhnya berada di pihak otoritas Malaysia."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Tempo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper