Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Jika Pemilu Digelar Hari Ini, Demokrat Tak Mampu Kalahkan PDIP

Survei terbaru Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) memaparkan bahwa elektabilitas PDIP masih mengungguli Partai Demokrat dengan perolehan 25,2 persen suara.
Indra Gunawan
Indra Gunawan - Bisnis.com 28 Desember 2021  |  18:20 WIB
Jika Pemilu Digelar Hari Ini, Demokrat Tak Mampu Kalahkan PDIP
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Presiden Joko Widodo, dua tokoh dan politisi PDI Perjuangan. - Ilustrasi
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA-- PDI Perjuangan (PDIP) diproyeksikan akan memenangi kontestasi politik jika pemilihan umum (Pemilu) berlangsung pada hari ini.

Survei terbaru Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) memaparkan data bahwa elektabilitas partai berlambang banteng gemuk itu masih memimpin dengan 25,2 persen suara.

Urutan perebutan suara kedua diperebutkan antara Golkar dengan 11,2 persen suara dan Gerindra yang mendapat dukungan 10,8 persen.

Urutan selanjutnya adalah PKB 8,4 persen, Demokrat 6,2 persen, dan PKS 5,1 persen. Sementara partai-partai lain di bawah 4 persen.

“Namun, masih ada 20,9 persen yang menyatakan tidak tahu atau tidak menjawab,” ujar Direktur Eksekutif SMRC, Sirojudin Abbas dalam paparannya, Selasa (28/12/2021).

Abbas menjelaskan bahwa dalam dua tahun terakhir pasca pemilu 2019, pilihan rakyat pada PDIP cenderung tidak banyak berubah dan tetap paling atas. “Pada survei Maret 2020, PDIP mendapat dukungan 25,9 persen suara, hampir sama dengan dukungan pemilih saat ini,” tutur Abbas. 

Sementara pilihan publik pada Golkar cenderung menguat, dari 8,4 persen pada Maret 2020 menjadi 11,2 persen di Desember 2021. Gerindra cenderung menurun, dari 13,6 persen pada survei Maret 2020 menjadi 10,8 persen pada Desember 2021. 

Survei SMRC ini dilakukan pada 8-16 Desember 2021 melalui tatap muka atau wawancara langsung. Jumlah sample awal 2420 yang dipilih secara acak (multistage random sampling) dari seluruh populasi Indonesia yang berumur minimal 17 tahun atau sudah menikah. Response rate (responden yang dapat diwawancarai secara valid) sebesar 2062 atau 85 persen.

Margin of error survei dengan ukuran sampel tersebut diperkirakan sebesar ± 2,2  persen pada tingkat kepercayaan 95 persen (asumsi simple random sampling).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pdip pemilu smrc
Editor : Edi Suwiknyo
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top