Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Mulai Januari Balap Liar Digelar di Ancol, IMI Sediakan Peralatan Balapan Gratis

Kepolisian memfasilitasi kegiatan balapan liar berupa road race dan drag race di Ancol mulai Januari 2022.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 22 Desember 2021  |  13:17 WIB
Jalan Raya Juanda jadi tempat para remaja melakukan aksi balapan liar saat ngabuburit atau menunggu Magrib di Batu Ceper, Tangerang, Banten, (14/7). TEMPO - Marifka Wahyu Hidayat.
Jalan Raya Juanda jadi tempat para remaja melakukan aksi balapan liar saat ngabuburit atau menunggu Magrib di Batu Ceper, Tangerang, Banten, (14/7). TEMPO - Marifka Wahyu Hidayat.

Bisnis.com, SOLO - Balap liar ilegal kini tak akan lagi ditemukan di jalanan perkotaan.

Kepolisian bersama dengan Ikatan Motor Indonesia (IMI) akan memfasilitasi balap liar berupa drag race dan road race untuk bermain di Ancol.

Nantinya, kegiatan balap liar yang ada di Ancol akan diawasi penuh oleh pihak kepolisian. Rencananya, ajang balap motor itu akan dimulai digelar 15 Januari 2022.

Irjen Kapolda Metro Jaya Fadil Imran mengatakan, kepolisian akan turun tangan untuk mengawal aspek keselamatan dalam balapan tersebut.

Dari Ancol menyiapkan sirkuitnya, adapaun IMI akan menyiapkan pelatih dan perlengkapan untuk balapan.

"Jadi dia tidak lagi balapan hanya menggunakan sendal jepit tapi sudah menggunakan sepatu helm dan jaket balap lengkap seperti di MotoGP agar keselamatan ini menjadi yang utama," kata Fadil

Fadil mengatakan bahwa berbagai peralatan balap, seperti sepatu, helm, dan jaket balap akan dipinjamkan oleh IMI secara gratis.

Pada kesempatan yang sama, Teuku Sahir Syahali menyatakan siap mendukung penuh kegiatan tersebut. Menurut dia, lantaran waktunya yang tinggal sedikit lagi, pihaknya akan bekerja keras ke depannya.

Sebelumnya, Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Sambodo Purnomo Yogo mengatakan ada beberapa opsi lokasi sirkuit balap yang akan mereka gelar. Selain di Ancol, opsi lain adslah di Pantai Indah Kapuk (PIK) 2 dan Bumi Serpong Damai (BSD).

Disamping memindahkan para pelaku balapan liar ke arena balapan resmi di Ancol, Polda Metro juga akan mengadakan berbagai kegiatan lain yang dapat mendukung perekonomian warga setempat.

"Anak-anak kita ini yang suka aneh-aneh, jalan raya dipakai balapan sehingga mengganggu orang lain. Membahayakan keselamatan dirinya dan orang lain," ujar Fadil di Mapolda Metro Jaya, Selasa (30/11/2021) lalu.

Fadil berharap bahwa kegiatan kompetisi resmi dan fasilitas sirkuit balap di Ancol ini bisa mencegah kegiatan balap liar di jalan raya.
"Mudah-mudahan niat baik kita ini, bisa menyelamatkan anak-anak kita. Kemudian bagi mereka yang memiliki potensi untuk menjadi pembalap, bisa tersalurkan," lanjutnya.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ancol ikatan motor indonesia Balap Liar

Sumber : Tempo

Editor : Restu Wahyuning Asih

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top