Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Awas! Aktivitas Gunung Semeru Kembali Meningkat

Deburan awan panas masih akan terjadi ditambah aliran lava yang kini diprediksi akan meluas sejauh dua kilometer dari Gunung Semeru.
Sholahuddin Al Ayyubi
Sholahuddin Al Ayyubi - Bisnis.com 17 Desember 2021  |  16:57 WIB
Gunung Semeru - wikipedia
Gunung Semeru - wikipedia

Binsis.com, JAKARTA--Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) telah menaikkan status Gunung Semeru dari waspada atau level dua menjadi siaga atau level tiga sejak Kamis 16 Desember 2021 pukul 23.00 WIB.

Kepala PVMBG, Andiani memaparkan bahwa ada beberapa penyebab yang membuat aktivitas Gunung Semeru kembali meningkat, antara lain yaitu curah hujan yang tinggi di sekitar Gunung Semeru dan terjadinya beberapa kali gempa bumi di sekitar Gunung Semeru.

"Kami menaikkan status Gunung Semeru dari level dua menjadi level tiga," tuturnya dalam konferensi pers virtual, Jumat (17/12/2021).

Andiani juga memprediksi deburan awan panas masih akan terjadi ditambah aliran lava yang kini diprediksi akan meluas sejauh dua kilometer dari Gunung Semeru.

"Aliran lahar juga diprediksi masih tinggi karena tingginya curah hujan di sekitar lokasi," katanya.

Andiani juga mengimbau kepada masyarakat yang masih berada di sekitar lokasi Gunung Semeru untuk bersiaga menghadapi peningkatan aktivitas Gunung Semeru tersebut.

"Kami mengimbau kepada masyarakat agar tetap berhati-hati dan tidak ada aktivitas apapun di sekitar lokasi Gunung Semeru," ujarnya.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Gunung Semeru
Editor : Edi Suwiknyo

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top