Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Sudah Sebulan, Banjir di Kabupaten Sintang Belum Surut

Sintang merupakan kabupaten yang terletak di bagian timur Kalimantan Barat. Sudah sebulan wilayah ini banjir kibat luapan Sungai Kapuas.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 20 November 2021  |  16:52 WIB
Sudah Sebulan, Banjir di Kabupaten Sintang Belum Surut
Sejumlah warga korban banjir membawa bungkusan sembako saat melintasi permukiman di tepian Sungai Kapuas, Sintang, Kalimantan Barat, Kamis (18/11/2021). - Antara
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sudah sebulan lamanya banjir akibat meluapkannya Sungai Kapuas melanda beberapa wilayah di Kalimantan Barat, salah satunya Kabupaten Sintang.

Melansir dari kalbar.bpk.go.id Sintang merupakan kabupaten yang terletak di bagian timur Kalimantan Barat. Beribu kota Sintang, kabupaten ini terletak di antara 1°05’ Lintang Utara hingga 0°46’ Lintang Selatan dan antara 110°50’ Bujur Barat sampai 113°20’ Bujur Timur secara geografis.

Dengan luas wilayah mencapai 21.635 km², luas Kabupaten Sintang sama dengan 14,74 persen dari luas Provinsi Kalimantan Barat. Kecamatan Ambalau dengan luas 6.386,4 km² atau setara dengan 29,52 persen dari luas Kabupaten Sintang, menjadi daerah terbesar di kabupaten tersebut.

Wilayah terkecil adalah Kecamatan Sintang yang luasnya hanya 277,05 km² atau 1,28 persen dari luas Kabupaten Sintang. Sebanyak 21 kecamatan ada di Kabupaten Sintang berdasarkan pada Peraturan Daerah Nomor 14 Tahun 2000.

Kemudian, tahun 2006, akhirnya Kabupaten Sintang memiliki 14 kecamatan, enam kelurahan dan 183 desa.

Ini merupakan hasil dari penyesuaian kembali setelah adanya Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2003 tentang Pembentukan Kabupaten Melawi yang merupakan pemekaran dari Kabupaten Sintang.

Adapun batas-batas Kabupaten Sintang di bagian selatan adalah Kabupaten Melawi dan Provinsi Kalimantan Tengah. Sedangkan batas-batas Kabupaten Sintang di bagian Utara yaitu Kabupaten Kapuas Hulu dan Serawak, Malaysia Timur.

Untuk wilayah Kabupaten Sanggau dan Kabupaten Sekadau menjadi batas Kabupaten Sintang bagian barat. Ditambah Provinsi Kalimantan Tengah yang juga menjadi batas wilayah Kabupaten Sintang bagian timur.

Dilansir dari www.pa-sintang.go.id kabupaten yang berpenduduk sebanyak lebih kurang 365.000 jiwa ini menjadi salah satu daerah otonom tingkat II di bawah provinsi Kalimantan Barat.

Dengan mayoritas penduduknya bersuku Dayak dan Melayu, kepadatan penduduk mencapai 16 jiwa/km2.

Kabupaten terbesar kedua di Provinsi Kalimantan Barat ini sebagian daerahnya diisi oleh perbukitan yang luas mencapai 22.392 km2 atau sekitar 69,37 persen dari luas Kabupaten Sintang.

Kabupaten Sintang dilalui oleh dua sungai besar yakni Sungai Kapuas dan Sungai Melawi. Ada juga empat gunung yang cukup tinggi, diantaranya Gunung Batu Raya setinggi 2.278 m di Kecamatan Serawai, Gunung Batu Maherabut dengan tinggi 1.270 m, Gunung Batu Baluran setinggi 1.556 m, dan Gunung Batu Sambung dengan tinggi 1.770 dii Kecamatan Ambalau.

Wilayah administrasi Kabupaten Sintang bagian Utara berbatasan langsung dengan Serawak, Malaysia Timur.

Sebelah selatan berbatasan dengan Kabupaten Melawi, sebelah timur dengan Kabupaten Kapuas Hulu, dan bagian barat berbatasan dengan Kabupaten Sanggau dan Ketapang.

Untuk sampai ke Kabupaten Sintang yang berjarak lebih dari 395 Km dari Ibu Kota Provinsi Kalimantan Barat, Pontianak, memakan waktu selama delapan jam dengan perjalanan darat.

Sedangkan melalui transportasi udara hanya membutuhkan waktu 45 menit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

banjir kalimantan barat

Sumber : Tempo.Co

Editor : Nancy Junita
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top